Hemat dan Bijak Energi dengan Aksi Earth Hour

Bandung, Students Tel-U-Earth Hour adalah salah satu kampanye global WWF yang mengajak masyarakat di seluruh dunia turut serta untuk lebih peduli terhadap perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri dengan cara mematikan lampu dan perangkat elektronik selama satu jam.

Earth Hour Kota Bandung dan Jawa Barat menyelenggarakan konferensi pers pada Rabu, 22 Maret 2016 di Mercure Hotel Setiabudi, Bandung. Acara ini digagas oleh komunitas pecinta lingkungan Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi yang sudah menyelenggarakan aksi ini sejak 2011 lalu di Kota Bandung. Tak ketinggalan pihak pemerintah terutama Ketua Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, serta pihak Pemprov Jawa Barat juga turut hadir dan mendukung aksi ini.

PhotoGrid_1490178409766

Koordinator Kota Earth Hour Bandung, Dwi Widya sedang memaparkan aksi Earth Hour Bandung

Menurut Kepala BKKP wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Kusmayadi Tatang Padmadinata menyatakan bahwa dengan mematikan lampu selama satu jam, masyarakat bisa mengubah gaya hidup mereka dalam memanfaatkan energi menjadi lebih hemat dan bijak. Terlebih lagi, masyarakat telah menyelamatkan nasib bumi dengan pemanasan globalnya yang berdampak kepada ekstremnya perubahan iklim.

“Aksi Earth Hour ini juga merupakan ajang yang berdampak sosial karena mampu membantu masyarakat yang tinggal di wilayah dengan listrik yang minim, ” tambah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Anang Sudarna.

Perwakilan Duta Earth Hour Bandung yang terdiri dari Puteri Indonesia Jawa Barat 2016, Mojang Jawa Barat dan Musisi

Perwakilan Duta Earth Hour Bandung yang terdiri dari Mojang Jawa Barat, Puteri Indonesia Jawa Barat 2016, dan Musisi

Tak hanya itu, ada perwakilan 4 duta dari total 19 duta Earth Hour Bandung yang hadir. Duta Earth Hour Bandung berasal dari profesi dan usia berbeda namun dengan sukarela turut mendukung dan meyakinkan masyarakat agar ikut berpartisipasi demi nasib bumi yang lebih baik.

“Kita harus lebih peduli terhadap lingkungan sendiri dan menyadari bahwa rusaknya lingkungan merupakan ulah manusia sendiri, ” kata Kafin Sulthan, musisi jazz yang juga salah satu duta Earth Hour Bandung termuda.

PhotoGrid_1490178473291

Earth Hour tahun ini akan dilaksanakan serentak pada 25 Maret 2017 di 150 negara di dunia dan 35 kota di Indonesia, khususnya di 5 kota di provinsi Jawa Barat seperti Bandung, Depok, Bekasi, Bogor, dan Cimahi. Kampanye Earth Hour di Kota Bandung akan diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Gedung Sate dan Balaikota Bandung. Puncak acara dengan “mematikan” Kota Bandung dimulai pukul 20.30 WIB-21.30 WIB.

Bagi kamu yang sangat mendukung sekali aksi ini, kamu bisa isi form di link ini. (KAS/AUD)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *