Hasil Diskusi Warek IV dan Perwakilan Mahasiswa terkait Larangan Ospek Jurusan

Bandung, Students Tel-U – Jumat (29/05/2015) Pukul 08.00 WIB tadi telah berlangsung acara diskusi antara Bagian Kemahasiswaan Tel-U dan seluruh Ormawa Tel-U (BEM, DPM, HIMA) bertempat di ruang multimedia LC. Diskusi ini membahas Surat Edaran Warek IV tentang pelarangan Ospek Jurusan (Osjur).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pak Yahya Arwiyah (Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan), Pak Hendratno (Direktur Kemahasiswaan), dan Soni Sadono dari Bagian Kemahasiswaan, dan juga perwakilan pengurus BEM, DPM dan HIMA. Acara diskusi ini dimoderatori oleh Menteri Kaderisasi BEM Kema Tel-U, Fadhil.

Larangan ospek jurusan ini salah satu penyebabnya adalah karena adanya keluhan mahasiswa yang merasa diberatkan dengan adanya kegiatan osjur. Mereka juga menilai bahwa kegiatan ini mengganggu kehidupan akademis. Sehingga, kegiatan osjur ini dinilai bersifat traumatis bagi pesertanya.

“Baiknya mahasiswa itu meningkatkan karya-karya ilmiah seperti PKM dan menghilangkan trauma-trauma yang tidak perlu. Untuk permasalahan orientasi, itu merupakan tanggung jawab institusi, ” jelas Pak Yahya.

HIMA berpandangan bahwa kegiatan kaderisasi seperti osjur ini perlu diadakan, karena terdapat beberapa hal yang tidak didapatkan mahasiswa dari bangku perkuliahan (contohnya softskill), agar mahasiswa mempunyai rasa cinta jurusan sehingga memacu mereka untuk terus berkarya dengan mengikuti perlombaan atau kompetisi yang berbau jurusan, dan juga agar mahasiswa tak hanya pintar membaca buku, tetapi juga pintar membaca situasi dengan cara berorganisasi.

Suasana diskusi berjalan kondusif. Di akhir diskusi pihak Bagian Kemahasiswaan, Warek IV, BEM, DPM, dan HIMA sepakat untuk mengambil kesimpulan berupa :

  1. Kegiatan kaderisasi boleh dilakukan dengan perbaikan dan bersesuaian dengan blue print yang dibahas di oleh setiap HIMA dan harus dikoordinasikan dengan dekanat fakultas.
  2. Kegiatan di luar kampus boleh dilakukan dan harus berkoordinasi dengan dekanat fakultas dan kemahasiswaan Telkom University
  3. Pungutan dalam bentuk iuran tidak diperbolehkan.
Hasil Diskusi yang sudah ditandatangan oleh Pak Yahya (Warek IV)

Hasil Diskusi yang sudah ditandatangan oleh Pak Yahya (Warek IV)

Di akhir diskusi, Wakil Presiden mahasiswa BEM Kema Tel-U, Yunus Thariq R. memberikan petisi yang sehari sebelumnya telah ditandatangani oleh perwakilan seluruh HIMA Tel-U.

“Jangan sampai kegiatan kaderisasi seperti ini menjadi suatu kegiatan yang goalnya tidak jelas, ” harap Pak Yahya.(ARP/NAD/RA)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *