Hari Pers Nasional : Hari Peringatan dan Sebuah Kesadaran

Bandung, Students Tel-U– Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari menjadi peringatan kinerja pers di Indonesia untuk menjadi semakin profesional. Pers pada dasarnya adalah untuk membangun NKRI. Pers diharapkan dapat memenuhi hak masyarakat untuk menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia.  Pers digunakan sebagai jembatan bagi pemerintah kepada masyarakat, tetapi tidak bagi masyarakat kepada pemerintah. Meskipun terkesan sangat memaksa, tetapi sisi positif yang  tidak dapat kita hindari adalah kestabilan dan keamanan yang tercipta, baik dalam pemerintahan dan masyarakat.

Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan. Pers yang meliputi media cetak, media elektronik dan media lainnya merupakan salah satu sarana untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan tersebut. Agar pers berfungsi secara maksimal sebagaimana diamanatkan Pasal 28 Undang-Undang  Dasar 1945 maka perlu dibentuk Undang-undang tentang Pers. Fungsi maksimal itu diperlukan karena kemerdekaan pers adalah salah satu perwujudan kedaulatan rakyat dan merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis. (www.jogloabang.com)

Pers memiliki kemerdekaan untuk mencari dan melahirkan informasi yang jernih , informasi  yang tentang bukan hanya mendikte khalayak tentang apa yang harus mereka lakukan, melainkan memberi informasi yang cukup untuk kemudian memutuskan langkah selanjutnya. Kelangsungan kebebasan pers dan berekspresi di negeri ini akan bergantung  pada seberapa baik tingkat pengertian masyarakat dan pemimpinnya terhadap demokrasi. Demokrasi pada dasarnya memerlukan dukungan kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

Kebebasan pers adalah upaya bersama, dan ketika individu, organisasi, dan pemerintah bekerja sama untuk menjaganya, keuntungannya akan dirasakan oleh semua pihak.Walaupun masih memiliki berbagai permasalahan dalam dunia pers. Diharapkan pada peringatan hari Pers nasional ini, tugas yang diembankan untuk menyajikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kode etik jurnalistik dapat membangun masyarakat dan bangsa Indonesia. Dan tentunya bukan hanya tentang sebuah hari peringatan yang menjadi acuan, tapi tentang munculnya sebuah kesadaran. (wid)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *