Hari Bumi 2018, Akhiri Polusi Plastik

Bandung, Students Tel-U – Tepat pada tanggal 22 April ini diperingati sebagai Hari Bumi International dimana Hari Bumi ini adalah hari pengamatan tentang bumi dan secara international dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali oleh kita sebagai manusia ini.

Namun pada kenyataannya Bumi ini memang benar-benar telah sakit, atau mungkin lebih tepatnya telah disakiti oleh para penghuninya sendiri yaitu kita sebagai manusia, dimana produksi sampah plastik telah benar-benar mengkotori bumi, polusi udara yang dihasilkan oleh asap kendaraan motor kita, dan yang paling mengerikan lagi adalah penebangan pohon-pohon secara liar serta tidak adanya reboisasi.

Manusia seakan-akan lupa dimana tempat mereka tinggal, hanya mangambil sebanyak-banyaknya demi keuntungan sendiri, dan lupa bahwa mereka telah merusak alam tempat mereka mendapatkan segala yang mereka perlukan dalam menjalani hidup ini. Apalagi yang kita tahu bahwa terjadi tumpahan minyak di laut Balikpapan yang terjadi akhir-akhir ini dan menyebkan pencemaran laut.

Pada Hari Bumi 2018 ini, tema yang diambil yaitu akhiri polusi plastik. Sebanyak jutaan sampah plastik dibuang begitu saja. Sampah plastik ini ketika dibuang tidak akan terurai dengan cepat, yang ada hanyalah mencemari tanah, perairan, dan makhluk hidup.

Bicara tentang Hari Bumi, tahukah kalian bahwa Hari Bumi ini telah ada sejak tahun 1970 dengan gagasan untuk menyelamatkan bumi yang dikemukakan oleh seorang senator Amerika Serikat yaitu Gaylord Anton Nelson.

Ide Nelson ini muncul ketika beliau melihat tumpahan minyak di pesisir Santa Barbara, California yang saat itu terjadi pada tahun 1969.

Namun, dilansir dari National Geographic, ternyata Nelson telah memberikan kepedulian dan berkampanye pada isu lingkungan hidup sejak tahun 1960-an. Banyak usaha Nelson yang telah dilakukan pada bumi ini, hingga beliau dijuluki sebagai Gubernur Konservasi.

Dengan adanya peringatan Hari Bumi ini diharapkan bahwa kita lebih ingat dan lebih sadar untuk menjaga bumi ini lebih baik lagi.

Selamat Hari Bumi. Sudahkah kalian mahasiswa menjaga lingkungan? Yuk mulai buang sampah di tempatnya. (VIZ/WAP)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *