Hal-Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

Bandung, Students Tel-U – Tidak terasa kita sudah melewati 21 hari di bulan Ramadhan dan sebentar lagi lebaran pun tiba dimana hampir semua orang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Muleh Udik (Mudik) atau pulang kampung biasanya dilakukan dengan menggunakan mobil pribadi, pesawat atau angkutan umum seperti bis, kereta ataupun travel.

Beberapa dari kalian mungkin sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk melakukan perjalanan mudik. Termasuk diri anda sendiri. Jangan sampai mengalami mabuk perjalanan terutama bagi yang mudik menggunakan bis, kereta ataupun travel. Inilah yang perlu anda siapkan sebelum mudik.

  • Jangan membawa banyak barang.

mudikminggat1

Bawalah pakaian seperlunya, pilihlah baju-baju kesukaan kamu dan baju lebaran kamu yang sekiranya akan dipakai selama di kampung halaman. Bawa alat mandi secukupnya gak mungkin kan di kampung halaman kamu tidak ada sabun. Yang mudik dengan menggunakan pesawat sangat penting untuk meminimalisir jumlah bawaan, kalau melewati limit yang sudah ditentukan maskapai maka akan dikenai biaya tambahan. Sedangkan yang mudik dengan kendaraan roda 2 cukup dengan ransel saja apalagi untuk jarak yang sangat jauh bisa menguras banyak tenaga dan mengganggu pengendara lainnya jika bawaan kamu berlebih.

  • Mengamankan Barang Berharga

TEMPAT PENITIPAN1

Banyak sekali kejadian rumah/kosan yang ditinggal mudik oleh pemiliknya setelah kembali dari kampung sudah kehilangan banyak barang terutama motor. Alangkah baiknya jika barang-barang berharga seperti TV, PC, Kamera ataupun motor dititipkan ke teman yang paling kamu percayai atau bisa juga dititipkan di pegadaian terdekat asal dengan satu syarat uang hasil gadai jangan pernah digunakan karena uang tersebut nantinya untuk menebus barang yang sudah kamu gadai.

  • Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

butuhBuat kamu yang akan pulang dengan menggunakan kereta atau bis sebaiknya beli tiket setidaknya 2 minggu sebelum berangkat terutama buat kamu yang ingin berhemat dan mengincar tiket kereta ekonomi untuk pulang. Tiket kereta ekonomi ini walaupun bukan hari libur saja jika kamu pesen beberapa hari sebelum berangkat sudah habis. Jadi untuk kamu yang ingin naik kereta ekonomi lebih baik segera membeli tiket tersebut.

  • Membawa Obat Anti Mabok

antimo

Buat kamu yang punya masalah dengan perjalanan jauh sebaiknya membawa obat anti mabok. Untuk mencegah agar tidak mabok di jalan makan secukupnya sebelum berangkat, memakan buah pisang karena pisang dapat menenangkan perut dan memberi energi yang cukup.

  • Teman Seperjalanan

meme+mudik+1

Bukan bermaksud untuk menyinggung yang masih single, tapi alangkah baiknya jika mudik dilakukan berbarengan terutama yang memakai kendaraan pribadi selagi bisa gantian nyetir ketika sudah lelah, bisa menjadi obat kebosanan selama perjalanan.

Selamat Mudik Teman-Teman dan yang masih berstatus mahasiswa jangan lupa untuk membayar kuliahnya, akan repot nantinya jika kena denda akibat telat bayar.  (ra)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *