Gorontalo ‘The Hidden Paradise’

The Hidden Paradise, nama yang terlalu berani? Menurut saya tidak, suatu saat nanti jika kalian mengunjungi Gorontalo saya yakin pasti kalian akan bilang hal yang sama ketika pertama kali menginjakkan kaki disana.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi di bagian timur Indonesia atau tepatnya di Pulau Sulawesi. Gorontalo sah diresmikan menjadi provinsi pada tahun 2001 yang sebelumnya berada dalam satu provinsi dengan Sulawesi Utara. Gorontalo memang tidak seramai dan semewah kota Makassar, karena di Gorontalo belum banyak berdiri gedung-gedung tinggi. Mayoritas lahan mereka digunakan sebagai lahan pertanian seperti jagung dan padi. Selain itu, jumlah penduduk yang dimiliki Gorontalo berdasarkan data dari badan pusat statistik adalah sebanyak 1.115.633 jiwa. Sehingga jarang sekali terjadi kemacetan seperti di Jakarta atau Bandung.

Untuk datang ke Gorontalo kita harus naik pesawat dan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam 30 menit dan menggunakan 15 menit sebagai waktu tambahan ketika transit di Makassar. Ketika mendarat di Bandara Arif Djalaludin Gorontalo mungkin anda akan sedikit terkejut karena ukuran bandaranya yang kecil. Karena aktivitas penerbangan ke Gorontalo pun hanya sedikit, kurang lebih hanya 3 maskapai penerbangan yang melayani tujuan Gorontalo. Berikut ini penampakan dari Bandara Arif Djalaludin

Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo akan langsung menuju ke Kota Gorontalo yang memakan waktu sekitar 1 jam dari bandara untuk mencari tempat penginapan. Setelah menggunakan waktu untuk istirahat para wisatawan dapat langsung menuju destinasi wisata di Gorontalo yakni :

  1. Pulau Sorande
    2015-03-16_15-36-34

    Ingin menikmati suasana pantai yang tenang? Berpasir putih dan mirip dengan pulau maladewa yang mendunia? Disini tempatnya. Tempatnya tenang banget sejauh mata memandang lautnya begitu indah dengan warna biru yang cerah dan pasir putih yang lembut bikin kamu bakalan betah terus-terusan ada di pulau ini.
  2. Benteng Onaha
    2015-03-16_15-40-26
    Benteng ini merupakan bukti peninggalan kerajaan di Gorontalo ysng berhadapan dengan danau limboto secara langsung. Tembok-temboknya masih cukup perkasa dan di bagian atas dari benteng ini kita bisa gunakan untuk selfie, coufie ataupun
  3. Menara Keagungan Limboto
    2015-03-16_15-41-26Sebenarnya sama seperti tower pada umumnya tapi orang Gorontalo atau pada khususnya masyarakat kabupaten Limboto menyebut menara ini sebagai Menara Eiffelnya Gorontalo. Menara ini berdiri kokoh sejak 2001, dan pada malam hari akan anda temui beberapa penjual makanan di sekitar Menara Limboto.
  4. Pantai Botutonu’o
    2015-03-16_15-42-40Mungkin tidak seterkenal pulau saronde, tapi karena sepi inilah yang jadi kenikmatan tersendiri di pantai botutonu’o ini. Pantai yang luas, laut yang dangkal dan pasir halus siap menemani perjalanan wisata anda. Kemudian bagi yang ingin menikmati lautannya disana terdapat kapal untuk wisata mengitari tempat wisata tersebut.
  5. Lombongo
    2015-03-16_15-44-33Lombongo adalah tempat pemandian tempat air panas yang berada di tengah pedesaan, di sekitar pemandian air panas ini penuh dengan perkebunan. Jadi kalo kalian kesini pasti bakal dapat moment tenang dan asri. Selain itu, di lombongo juga terdapat air terjun cukup deras yang bisa dikunjungi wisatawan. Favorit banget lah pokoknya.

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat dan bisa datang ke Gorontalo suatu saat nanti (IMR)

Ditulis oleh : Imam Rachmadiansyah

 

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *