Google Contact Lens, Bisa Deteksi Kadar Glukosa Dengan  Air Mata ?

lensBANDUNG, Students Unitel – Pada bulan Januari  lalu raksasa teknologi Google mengumumkan kontak lens yang dapat mendeteksi level glukosa yang terdapat dalam air mata penderita diabetes. Meskipun bukan ide baru, penemuan ini tetap mengagumkan. Konsep ini bisa terwujud dan Google bisa mengumumkannya kepada publik berkat laboratorium mereka yang terkenal yaitu Google X.

Perkembangan terbaru tentang google contact lens-julukan untuk konsep kontak lens dari Google- pengukur level glukosa ini sangat menarik. Setelah melakukan perjanjian dengan salah satu manufaktur kontak lens terkenal, Google semakin mantap untuk menghadirkan produk ini secara publik.

Melalui laboratorium Google X, beberapa konsep mengagumkan yang diinginkan pada penelitian ini berhasil diwujudkan. Rekan kerja pertama yang akan membantu Google dengan penelitian ini secara resmi diumumkan.

Alcon, divisi eye care dari Novartis, telah bersedia untuk melisensikan teknologi yang sedang dikerjakan oleh Google dan pengaplikasian “non-invasive sensors, microchip dan miniaturized Electronics lainnya” ke dalam sepasang google contact lens tersebut.

Fitur pertama yang menjadi keunggulan dari google contact lens Google ini adalah konsep yang sudah dikenalkan oleh Google sebelumnya yaitu contact lens yang dapat mengetahui level glukosa seseorang baik mereka yang normal ataupun yang mengalami penyakit seperti diabetes dan penghitungan kadar glukosa tersebut akan masuk ke dalam smartphone mereka.

Fitur yang kedua adalah sebuah ‘gear’ yang dapat membantu seorang penderita rabun jauh melihat lebih baik dengan mengembalikan kemampuan mata untuk fokus. Kedua fitur tersebut mungkin diragukan akan disematkan ke dalam kontak lens umum yang ada saat ini, tetapi nantinya jika google contact lens ini mulai dipasarkan untuk umum setidaknya akan bisa meningkatkan kualitas kesehatan dari para penggunanya.

Nantinya pelisensian fitur semacam itu akan semakin banyak, dan Alcon masih memiliki beberapa hal yang harus dikerjakan sebelum google contact lens ini benar-benar dikomersilkan. Dan diharapkan google contact lens ini akan benar-benar smart sesuai dengan julukannya. Penasaran dengan kelanjutan google contact lens dari Google ini? Tetap ikuti perkembangannya di students techno ! (RHS)

Sumber 

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *