Gerhana Bulan Hanya Terlihat Sebentar di Bandung

Bandung, Students Tel-U – Hari ini Indonesia akan disapa oleh gerhana bulan pada selasa (4/04/2015). gerhana bulan akan terlihat di arah timur diseluruh Indonesia. Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika Matahari, Bumi, dan Bulan terletak pada satu garis lurus. Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Di Indonesia, sebagian besar gerhana berlangsung pada sore hari, maka sebagian besar wilayah Indonesia tak bisa melihatnya secara langsung.

Jam berapa sih gerhana bulan akan terlihat dibandung?
Jadi beginilah perkiraan jam gerhana bulan yang akan menyapa bandung.
Awal Gerhana Penumbral : 16 :01 :27 wib (Bulan di bawah horison, tidak dapat diamati)
Awal Gerhana Sebagian : 17 :15 :45 wib (Bulan di bawah horison, tidak dapat diamati)
Awal Gerhana Total :18 :57 :54 wib
Akhir Gerhana Total : 19 :02 :37 wib
Akhir Gerhana Sebagian : 20 :44 :46 wib
Akhir Gerhana Penumbral : 21 :58 :58 wib
(Sumber : @Himastron_ITB)

Berdasarkan waktu tersebut, maka Bulan masih berada di dekat tempat terbitnya saat gerhana terjadi. Jadi, untuk mengamati totalitas gerhana, pengamat harus mengarahkan mata ke timur. Karena di Indonesia bagian barat proses gerhana bulan terjadi pada sore, maka untuk melihat prosesnya pun hanya sebentar pada saat gerhana sudah masuk fase Awal Gerhana Total.

Jika anda tertarik untuk menonton prosesi gerhana bulan bersama teman, sahabat dan pacar anda bisa ke Alun-Alun Kota Bandung pada jam 18.00-20.00


Jika anda ingin menyaksikan gerhana bulan dari fase awal nya, anda bisa melihatnya didaerah maluku sampai jayapura (Indonesia Bagian Timur). (ra)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *