Gempa berkekuatan kecil mengguncang Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Rabu, 19 Oktober 2016 pukul 07.25 WIB, beberapa mahasiswa Telkom University dibuat panik dengan guncangan gempa ringan saat berada dalam kelas di Gedung Kuliah Umum Tokong Nanas.

Gedung Tokong Nanas, atau yang kerapkali disebut GKU | Foto: mfc

Gedung Tokong Nanas, atau yang kerapkali disebut GKU | Foto: mfc

Karena sedikitnya guncangan, tidak banyak yang menyadari adanya guncangan itu. Berawal dari perasaan ruangan seperti di guncang lalu tiba-tiba pena menggelinding di lantai dengan sendirinya, membuat seorang mahasiswa panik. “Tadi aku merasakan ruangan ini bergoyang sendiri.” Tutur Ayu, mahasiswa telkom angkatan 2016.

Menurut Ayu, guncangan yang dirasakan tidak begitu hebat, namun bergoyangnya ruangan yang ia rasakan membuatnya sangat panik. Guncangan gempa pagi itu hanya berlangsung sekitar satu menit.

“Aku kira aku yang merasa, ternyata beberapa teman yang lain juga merasakan ruangan di gedung ini bergoyang,” terang Pika Antias yang juga merupakan mahasiswa Tel-U.

Dari sahutan seorang mahasiswa mengenai guncangan dalam ruangan kelas tersebut, beberapa mahasiswa yang lain pun menyadari akan guncangan itu. Beberapa mahasiswa ada yang panik hingga menyelamatkan diri keluar dari kelas,dan adapun yang menetap memendam kepanikannya. Di beberapa bagian luar kelas, balkon Gedung Kuliah umum, memang banyak mahasiswa yang berkumpul keluar dari pintu kelasnya dengan wajah kebingungan dan panik.

Berdasarkan berita yang di unggah di website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , gempa memang terjadi pada hari Rabu, 19 Oktober 2016 pukul 07:25:57 WIB yang guncangannya berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) di kawasan Subang, Jawa Barat. Lokasi gempa berada pada 5.29 Lintang Selatan dan 108.00 Bujur Timur dengan pusat yang berada pada kedalaman 654 kilometer dengan lokasi gempa dari Bandung, Jawa Barat berada sekitar 185 km yang menuju arah timur laut. BMKG juga mengatakan bahwa gempa yang terjadi dengan pusat di Subang ini tidak berpotensi tsunami. (HK)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *