Fungsi Bandung Techno Park Itu Apa, Sih?

Bandung, Students Tel-U -Bandung Techno Park (BTP) adalah techno park seluas 5, 4 hektar yang berada di kawasan Telkom University. BTP berada di bawah naungan Telkom Foundation dari Telkom Group yang menjadi salah satu ikon kota Bandung, khususnya warga Telkom University, hingga menjadi suatu kebanggaan akan wujud mimpi dari civitas akademi IT Telkom yang ingin mengembangkan techno park sebagai jembatan antara institusi pendidikan bidang ICT dan energi dengan dunia industri, yang mana tercantum dalam visi dan misi sebagai berikut.

Bandung Techno Park. Foto : DML
VISI
“MENJADIKAN MOTOR PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT INFORMASI INDONESIA DAN PENDORONG TUMBUHNYA INDUSTRI ICT DAN TECHNOPRENEUR DI INDONESIA”
MISI
  1. MENINGKATKAN KERJASAMA ANTARA ACADEMIC-BUSINESS-GOVERMENT DALAM PENGEMBANGAN ICT YANG MELIPUTI : INFRASTRUKTUR, APLIKASI, CONTENT, KONTEKS, DAN REGULASI.
  2. MENDORONG PERKEMBANGAN EKONOMI DAN BUDAYA BERBASIS PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.
  3. MENCIPTAKAN TENAGA ICT YANG MENDIRI DAN BERDAYA SAING TINGGI.
  4. MENUMBUHKAN MASYARAKAT YANG MAMPU MEMANDAATKAN ICT DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN.
  5. MENCIPTAKAN TECHNOPREUNERSHIP DI MASYARAKAT.

Walaupun kalian berkuliah di Telkom University, pasti sebagian besar tidak tahu layanan yang diberikan dari BTP itu sendiri. BTP memiliki empat layanan yaitu sewa kantor, coworking space, training & konsultasi techno park, dan 3D printing service. Fasilitas yang diberikan juga memadai seperti wifi yang cepat, parkir dan listrik gratis, keamanan 24 jam, kantin, dan sebagainya. Untuk meminjam fasilitas ini, kalian akan dikenankan tarif berbeda-beda, tergantung layanan apa yang akan kalian pakai. Untuk tarifnya sendiri dikenakan biaya per bulan.

Bagian Dalam Bandung Techno Park. Foto : DML

Sehingga kita dapat mengambil kesimpulan bahwa BTP dibangun dengan fungsi sebagai wadah inovasi bagi dosen, mahasiswa, masyarakat umum, serta ‘Inkubator Bisnis’, yang mana sebagai ajang masyarakat guna untuk belajar berbisnis. Dengan menghasilkan produk inovasi berkelanjutan yang berbasis teknologi, melahirkan perusahaan-perusahaan startup di bidang teknologi, mengkomersialisasikan produk hasil riset sehingga berdampak pada ekonomi, melaksanakan Research & Business Development, mengembangkan startup-startup di bidang teknologi, dan menarik industri atau bisnis ke dalam kawasan Techno Park.

Dengan semakin bergesernya waktu, BTP ini sudah jarang digunakan. Ini dikarenakan sudah adanya laboratorium bisnis di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) dan juga Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) yang membuat BTP jarang difungsikan. Selain itu, tempat ini hanya difungsikan jika benar-benar ada research mengenai technopreneurship yang memang akan mendatangkan orang petinggi. (FHR/DML)

Sumber : btp.or.id

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *