Fenomena Blue Moon, Apakah Benar-Benar Berwarna Biru?

Jakarta, Students Tel-U – Fenomena langit akan kembali bisa dinikmati penduduk dunia fenomena alam berwujud Bulan berwarna biru atau blue moon akan terlihat dari Bumi pada Jumat (31/7/2015).  Apakah Blue Moon yang dimaksudkan adalah bulan yang benar-benar bewarna biru?

Blue moon atau bulan biru adalah fenomena penampakan bulan purnama yang terjadi lebih dari sekali. Seperti yang kita ketahui, bulan purnama dalam Juli 2015 telah terlihat pada 2 Juli 2015 dan malam ini bulan purnama muncul kembali di bulan Juli.

Walaupun disebut Blue Moon tak akan ada bulan berwarna biru, istilah ini berasal seorang petani Maine yang kemudian populer setelah majalah Sky & Telescope mempublikasikan tentang kesalahpahaman soal blue moon pada tahun 1946 silam. Demikian juga NASA mencatat blue moon yang muncul pada tahun 1983 ternyata benar-benar berwarna biru. Sejumlah negara berpendapat ada hubungannya dengan letusan Gunung Krakatau. Ini karena Gunung Krakatau yang berkekuatan 100 Megaton bom nuklir tersebut membumbung hingga atmosfer terluar dan membuat penampilan bulan dari bumi menjadi biru.

Apakakah Malam ini bulannya berwarna biru? mungkin kalian bisa menikmati langit malam ini sembari mengambil gambar bulan

(ra)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *