Ekspansi Bisnis, Telkom Indonesia Melakukan Pendekatan Universal

Bandung, Students Tel-U – Tak hanya fokus di pasar dalam negeri, Telkom Indonesia (Telin) kini tengah memperkuat jaringan bisnisnya di luar negeri salah satunya Malaysia. Pada kuliah umum Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Telkom University, CEO Telin Malaysia Oki Wiranto  mengungkapkan, Telin menggunakan pendekatan universal untuk menjalankan ekspansi bisnisnya.

“Dalam menjalankan bisnis di Malaysia, Telkom melakukan pendekatan universal di Malaysia. Jika membawa nilai-nilai khas Indonesia tentu tidak sesuai. Tidak semua nilai-nilai kultur Indonesia bisa diterima di sana. Tak hanya itu, rasa nasionalisme masyarakat Malaysia terhadap negaranya itu pun menjadi tantangan dalam melakukan ekspansi bisnis. Oleh karena itu, nilai universal penting dikedepankan dalam melakukan ekspansi bisnis, ” kata Oki, Jumat (20/3/2015).

Tantangan selanjutnya, kata Oki, adalah regulasi pemerintah Malaysia yang dinilai ketat dalam melindungi  industri lokalnya.  Namun bagaimana pun ekspansi bisnis menjadi keharusan di era pasar bebas ini. Ekspansi internasional merupakan salah satu  mahakarya dan bagian dari strategi pertumbuhan Telkom Grup dan menjadi bentuk pertahanan terbaik.

“Metode ekspansi internasional Telin  memiliki konsep mengikuti masyarakat, trafif dan network. Ekspansi internasional  Telin  mempunyai 5 portfolio bisnis  yakni mobile alliances, borderless-T, data center/CDN, DiCo, BPO/IT Solution. Produk utama Telin di Malaysia yaitu Kartu As kata Oki. Ia pun menyebutkan, Malaysia sangat potensial dengan diaspora masyarakat Indonesia di Malaysia. Bisnis MVNO Telin di Malaysia difokuskan  untuk melayani  komunitas Indonesia di Malaysia.

“Ekspansi internasional Telkom Indonesia bertujuan  untuk meningkatkan daya saing dan menjadi pemimpin pasar di tingkat Regional, ” tutupnya.-purel/risca

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *