Duolingo: Aplikasi Keren Untuk Belajar Bahasa Baru!

Bandung, Students Tel-U – Bahasa menjadi salah satu hal terpenting dalam tatanan hidup manusia. Penggunaan bahasa tidak hanya untuk menjalin komunikasi sehari-hari secara informal saja, tetapi sudah dijadikan syarat khusus agar dapat diterima di sebuah institusi, perusahaan atau organisasi secara formal. Di sisi lain, penggunaan bahasa asing semakin digemari, tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia sendiri. Tentu bukan rahasia lagi apabila bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang paling diminati dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktornya adalah karena adanya budaya barat yang semakin deras mengalir dan masuk ke Indonesia.

Namun, dewasa ini, bahasa-bahasa asing lain juga mulai dilirik oleh masyarakat seiring dengan masuknya budaya-budaya mereka, seperti bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Jerman, dan masih banyak lagi. Nah, bagi para peminat bahasa, dan siapapun yang ingin belajar, internet tentu dapat menjadi platform termudah yang dapat dijangkau. Salah satu aplikasi belajar bahasa yang perlu dilirik adalah Duolingo.

Aplikasi buatan Luis von Ahn dan Severin Hacker ini diluncurkan pada November 2011, dan menawarkan 68 kursus bahasa yang berbeda di 23 bahasa, dengan 22 kursus tambahan yang masih dalam pengembangan. Duolingo menerapkan pembelajaran dengan cara dikte dan tertulis, serta speaking practice untuk pengguna yang sudah memasuki level tertentu. Aplikasi yang dapat digunakan pada iOS, Android, dan Windows Phone ini dibuat sedemikian rupa agar pengguna bisa terus meningkatkan kemampuan bahasanya kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran dalam Duolingo ini dirancang seperti game, agar menarik dan mudah diserap.

Selain language courses, Duolingo juga meluncurkan Duolingo Test Center pada 22 Juli 2014, yang sekarang dikenal sebagai Duolingo English Test (DET). Tes ini merupakan tes sertifikasi bahasa online yang dapat dikerjakan dari rumah. Dikutip dari sebuah artikel dari The Guardian, Luis von Ahn ingin menciptakan sebuah cara untuk dapat mempelajari bahasa secara gratis. “If you look at language learning in the world, there are 1.2 billion people learning a foreign language and two thirds of those people are learning English so they can get a better job and earn more. The problem is that they don’t have equity and most language courses cost a lot of money.” Hingga kini, pengguna Duolingo sudah mencapai sekitar 150 juta orang dari seluruh dunia. (IVG)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *