Dilema Kuliah 4 Atau 3.5 Tahun

Bandung, Students Tel – U – Semua nilai telah selesai diinput ke dalam sistem Igracias. Selamat bagi kamu yang mendapatkan nilai tinggi dan tetap semangat untuk kamu yang mendapatkan nilai kurang memuaskan mungkin kamu kurang belajar, tenang saja masih ada kesempatan di semester mendatang. Untuk kalian yang mendapatkan nilai tinggi pasti kalian sedang dilema apakah harus mengambil mata kuliah tambahan agar bisa lulus lebih cepat atau tidak. (Baca juga: Tips Kuliah 3.5 Tahun bagi Mahasiswa S1)

Kehidupan kuliah memang sangat menyenangkan untuk kamu yang dikaruniakan nilai berlebih pasti sedang dilema menentukan waktu kuliah 4 tahun atau 3.5 tahun. Pikiran mengenai apakah ingin mengambil mata kuliah tambahan atau tidak mengganggumu. Namun sebelum kalian menentukan keputusan ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan berikut sedikit penjelasan dari penulis.

Ilustrasi mahasiswa belajar dengan giat.

Kalau kalian memang ingin lulus cepat dari kampus, kalian akan diberikan mata kuliah lebih dari teman-teman reguler kalian. Itu berarti jam kuliah bertambah dan dapat dipastikan waktu bermain berkurang. Belum lagi jam untuk tuntutan organisasi. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya membagi waktu belajar/kuliah, bermain daan berorganisasi. Jangan sampai waktu dan energimu habis di kelas tetapi kamu juga perlu melakukan hal hal yang lain.

Sekelompok mahasiswa belajar bersama di taman.

Bagi sebagian mahasiswa mendapatkan nilai A adalah hal yang mudah, sebagian mahasiswa lainnya mendapat nilai B saja sudah bersyukur. Untuk dapat lulus dengan jangka waktu 3.5 tahun kalian juga harus konsisten mendapatkan nilai yang mencukupi.

Jika memang kamu adalah mahasiswa yang tergolong pintar di kelas kamu juga harus bersabar karena pasti banyak teman yang mendatangimu dan menanyakan materi terkait dengan kuliah. Namun jika kamu bukan orang yang cukup cerdas, bergabunglah dengan teman teman yang memiliki tujuan sama denganmu, yang bisa menunjang belajarmu juga, dengan demikian semangatmu akan tetap terjaga.

Wawancara penerimaan kerja oleh HR.

Kalian juga harus berpikir jauh kedepan setelah lulus apa yang akan dilakukan. Memang lulus dengan durasi yang cepat dengan gelar cumlaude merupakan poin plus yang dapat dibanggakan saat melamar ke perusahaan. Tetapi yang perlu diingat perusahaan tidak hanya melihat pada nilaimu saja. HR juga melihat portofoliomu, pengalaman organisasi dan lain sebagainya.

Lulus.

Jika memang benar ingin lulus cepat kalian harus menemukan alasan yang kuat mengapa ingin lulus dengan cepat. Misalnya “Ingin cepat menikah”;“Ingin segera bekerja”;“Membanggakan orang tua”;“Mengurangi uang kuliah” dan masih banyak lainnya. Dengan alasan yang kuat setiap kalian bertemu dengan rasa malas dalam belajar kalian akan selalu ingatn akan alasan tersebut dan segera mendapatkan semangat kembali.

Itu sedikit yang dapat penulis berikan. Kalian sendiri yang menentukan langkah selanjutnya. Ingat kesempatan tidak datang dua kali segera tentukan pilihan. Setiap kalian mengambil keputusan pasti ada resiko yang mengikutinya. Selamat Berjuang. (RPH)

Keyword(s) : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *