Diet Sehat Dengan Biji Oat? Inilah 5 Santapan dari Oat yang Menarik

Bandung, Students Tel-U     Jika berbicara tentang makanan mahasiswa, orang-orang pasti mengacu pada pola makan yang tidak sehat dan mie instan berlebihan.

Faktanya, tidak sedikit juga mahasiswa yang memperhatikan kesehatannya dan menyimpan biji oat di kamarnya walaupun hanya beberapa sachet. Biji oat adalah makanan andalan mahasiswa-mahasiswi yang berdiet karena memberi rasa kenyang lebih lama.

Biji oat menjadi tren makanan sehat masa kini karena terdiri dari bijian utuh yang memiliki lebih banyak vitamin dari nasi dan dapat dimasak secara instan. Meskipun instan, oat memiliki banyak manfaat seperti pelengkap kebutuhan serat dan menurunkan resiko tegangan darah tinggi.

Namun demikian, masih banyak mahasiswa yang menyeduh biji oat hanya dengan susu sehingga mahasiswa merasa tersiksa memakannya. Padahal biji oat bisa menjadi makanan bahkan minuman yang enak jika disandingkan dengan beberapa bahan pelengkap.

Berikut ini 5 bahan pelengkap yang mudah disandingkan dengan oat.

 

  1. Oat dan Selai Kacang
    PBJ

Oat dan selai kacang merupakan paduan sarapan yang lezat dan menyehatkan. Seduhan oat yang cukup padat, selai kacang, selai strawberry dan taburan apel yang dipotong dadu sudah lebih dari cukup untuk menyelamatkan program diet di pagi hari. Paduan oat dan selai kacang juga bisa dikreasikan bersama madu dan kacang-kacangan yang manis seperti almond atau mede.

 

  1. Oat dan Buah-Buahan

Buah-buahan juga bisa jadi pasangan serasi untuk biji oat. Campuran macam-macam buah berry dan ceri yang bertabur di atas seduhan oat dengan susu dan gula dapat menambah keceriaan menu sarapan pagi. Seduhan oat dan susu juga dapat dinikmati bersama buah mangga dan taburan kismis. Untuk mahasiswa yang butuh karbohidrat lebih, paduan oat dengan potongan pisang, yogurt, dan roti yang dipotong dadu juga bisa jadi pilihan.

 

  1. Oat dan Makanan Tradisional

Siapa bilang yang kekinian dengan yang tradisional tidak bisa bersatu? Biji oat dapat dicampur dengan biji salak dan santan untuk mendapatkan sarapan tradisional yang lebih mengenyangkan. Biji oat juga bisa dikreasikan menjadi bubur manado dengan kangkung, bayam, dan daun kemangi. Oat yang dihaluskan bersama bumbu kacang juga dapat menjadi bumbu gado-gado yang crunchy dan kaya serat.

 

  1. Oat dan Lauk Pauk

Biji oat tidak hanya cocok untuk olahan makanan manis. Oat juga bisa diolah menjadi bubur dan disandingkan dengan lauk-pauk. Menu yang serasi dengan biji oat antara lain ikan, ayam, bahkan udang. Kreasi bubur oat dan lauk pauk menghasilkan bubur ayam, bubur tuna, bubur tomyum, dan masih banyak lagi.

 

  1. Oat sebagai minuman

Nah, ini yang seru! Biji oat yang diblender dapat menjadi minuman yang padat dan kaya serat. Contohnya bila diblender bersama susu dan pisang, akan menghasilkan smoothie. Jika diblender bersama susu, yogurt, dan rasa-rasa unik lainnya, bisa jadi kreasi milkshake segar. Atau campur dengan yogurt, sirup, dan buah-buahan segar untuk pelepas dahaga nikmat di siang hari.

Kini diet dengan biji oat tidak buruk lagi bukan? Kreasi sehat ini dapat kamu buat sendiri atau sambil seru-seruan bersama teman-temanmu. (rta)

(Sumber : http://quaker.co.id/ & http://quakeroats.com/)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *