Dagelan Goes To Campus 2016 – Telkom University

Bandung Students Tel-U – Pada Jumat, 28 Oktober 2016, BEM FEB bekerjasama dengan berbagai pihak berhasil mengadakan acara “ Step Up Generation-Pemuda Kreatif Pembangun Ekonomi Bangsa    “ yang disertakan dengan Dagelan Goes To Campus dan Talkshow Digitalpreneur.  Dagelan Goes To Campus adalah acara yang dicanangkan dari pihak Dagelan dalam rangka membangkitkan semangat anak muda Indonesia agar tetap semangat dalam berkarya. Acara ini juga bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda.

Walaupun kondisi di luar hujan cukup deras, tidak menghalangi semangat para audiens untuk tetap hadir, dibuktikan dengan hadirnya sekitar 340 peserta seminar di dalam ruangan. Berlokasi di Aula Dekanat, Gedung Manterawu acara ini dimulai sekitar pukul 17.00 dengan pembacaan puisi oleh Muhammad Yasin Arif dengan tema sumpah pemuda sebagai pembangkit semangat, setelah itu acara di ambil alih oleh MC dan langsung menginstruksikan agar semua audiens berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Telkom University.

img_20161028_200854

Dimulai dengan sambutan dari Bapak Dr. H. Anton Guston, Kepala Dinas Kominfo Jabar, beliau membawakan materi terkait dengan regulasi economy yang ada di Indonesia, menurut beliau belum ada undang undang ataupun peraturan yang tepat untuk masalah ini, beliau memaparkan aturan regulasi economy yang ada di negara Thailand sebagai pembanding.

Selanjutnya diberikan jeda sekitar 10 menit untuk memberikan kesempatan bagi audiens yang ingin melaksanakan ibadah Sholat Maghrib. Acara ini dihadiri oleh pembicara pembicara yang berkompeten di bidangnya masing masing dan mereka semua masih berusia sangat muda, Mulai dair Nurfadli, Founder TahiLalats, Danny Syah dari Dagelan, Adit Yara dari Niion Bags, dan Ario Anindito, Seorang komikus yang karyanya sudah mendunia.

Nurfadli menceritakan bagaimana awalnya dia bisa mengembangkan komik strip “TahiLalats” sehingga bisa menjadi sebesar sekarang, perlu diketahui di bangku perkuliahan Nurfadli mengambil program studi S1 Teknik Sipil tetapi dia merasa tidak tertarik di dunia itu sehingga dengan yakin dia lebih fokus mengembangkan bakatnya dengan membuat komik strip lalu dibagikan ke teman teman.

img_20161028_200846

Lalu Danny Syah dari Dagelan, hampir semua audiens sudah mengerti apa itu dagelan, hanya mungkin satu atau dua orang yang belum mengerti, Dagelan adalah creative media yang berkembang di social media, khususnya Instagram. Ketika ditanya berapa tarif beriklan di dagelan, Danny Syah tidak menjawab nominal secara spesifik tetapi beliau menjelaskan bahwa tarif yang dikeluarkan akan sesuai dengan layanan yang diberikan oleh pihak Dagelan, karena untuk memasang iklan pihak Dagelan juga akan menyeleksi, tidak semua iklan bisa masuk, “Agar lebih tepat sasaran” katanya.

Ario Anindito, selaku kreator komik profesional dengan karyanya yang berupa tokoh-tokoh marvel, menerangkan bahwa dirinya bekerja untuk berkarya itu tidak mudah karena menjadi seorang yang kreatif itu butuh waktu untuk merealisasikan karyanya.

img_20161028_201511

Satu lagi adalah Founder Niion Bags yaitu perusahaan tas asal Kota Bandung, Adit Yara, beliau menceritakan bagaimana awalnya membangun perusahaan dan berbagai masalah yang dihadapi, beliau juga menyatakan perjalanan Niion Bags hingga menjadi sebesar ini bukan sesuatu yang instan sudah banyak trial error yang dialaminya.

Para speaker membagikan pengalamannya dalam berkarir, bagaimana cara memulai, jatuh bangun yang telah dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum penutupan acara, peserta di hibur oleh penampilan spesial dari Rifan Kalbuadi yang merupakan guest star dalam acara tersebut dengan membawakan salah satu lagu ciptaan Chrisye yaitu ‘Cintaku’ yang di sambut meriah oleh para peserta. Acara ditutup dengan perform dari teater titik yang mempertunjukan kebolehannya dalam memainkan peran tentang pejuang muda Indonesia di era 40-an untuk membangkitkan semangat juang pemuda-pemudi bangsa di era globalisasi ini. Di penghujung penampilan teater, para peserta diminta untuk mengucapkan isi sumpah pemuda. Dengan diadakannya acara ini diharapkan semua audiens bisa lebih bersemangat dalam mengejar cita citanya dan tidak lupa untuk berkontribusi kepada Negara Indonesia. (HK/RPH)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *