Cita Rasa Budaya Lokal pada Festival Internasional

Bandung, Students Tel-U – Language Center Telkom University mengadakan acara tahunan yaitu “International Language and Culture Festival” yang ke-5 (5ILCF) bertemakan “Strengthening Culture through Local Diversity” (Kebudayaan Daerah) pada kemarin sore Sabtu (01/10/2016), bertempat di Telkom University Convention Hall (TUCH).

Menurut peserta seminar, Krisna Setiawan dan Dzalfa Tsalsabila jurusan D3 Teknik Informatika angkatan 2016, acara yang di selenggarakan oleh Language Center Tel-U (LAC) itu mengadakan festival dan kompetisi makanan internasional pada sore hari sebelum acara inti bermula. Pada pukul 18.00, acara berlangsung di dalam TUCH dimulai dengan sambutan dan pembukaan mengenai ulang tahun LAC yang ke-5.

Tari ILCF

Selanjutnya penampilan tarian daerah yaitu Tari Kipas dan ada pula tarian daerah lainnya. Kemudian disambung dengan sesi hiburan yaitu lawakan dengan Bahasa Sunda dan pengumuman sekaligus penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Story Telling dan Fotografi yang diadakan pada tanggal 30 September 2016.

Adapun penampilan lagu dengan bahasa daerah, serta penampilan video “Pen Pineapple Apple Pen” menghibur dan mengurangi jenuh peserta yang sudah mengikuti beberapa rangkaian acara 5ILCF malam itu.

acara ilcf

Di penghujung acara, peserta disuguhkan penampilan dari Arumba Udjo yang mempersembahkan beberapa lagu dengan menggunakan Angklung salah satunya lagu ‘Welcome to My Life‘ milik Simple Plan. Sebagai penutup acara,  penampilan special dari penyanyi papan atas yaitu Yura Yunita yang membawakan lagu berjudul ‘Intuisi’ dan ‘Cinta dan Rahasia’ memeriahkan penonton.

Dalam acara 5ILCF yang menghelat dua kegiatan utama itu (perlombaan dan pertunjukan budaya) diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya mempertahankan budaya lokal di tengah maraknya budaya asing. Begitulah tujuan yang ditujukan oleh Language Center Tel-U. (HK)

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *