Cipta Komposisi Sempurna bersama Eka Sanvadita Orchestra

Bandung, Students Tel-U –  ESO (Eka Sanvadita Orchestra) berdiri pada tanggal 1 April 2012 dengan nama “Komunitas Violinist IT Telkom” dimulai oleh beberapa mahasiswa IT Telkom. Pada saat itu IT Telkom belum bertrasnformasi menjadi Telkom University.

 esologo

Logo ESO Tel-U

Komunitas yang akan menjadi cikal bakal UKM Orkestra Universitas Telkom ini digerakkan oleh Evet Hestara, dan wakilnya, Arif Rahman Fadilah, dengan sembilan anggota termasuk ketua dan wakilnya.

Pada awalnya, sebagai komunitas kecil yang baru lahir, visi komunitas ini hanyalah mengumpul para pemain alat musik orkestra yang berasal dari kampus IT Telkom agar dapat belajar dan saling berbagi ilmu.

Dan misinya adalah gathering mingguan (sharing rencana komunitas kedepannya), Jam Session (perform kecil), Coaching Clinic (belajar bersama konsep dasar bermain alat musik orkestra), mengunggah video di Youtube, dan mengadakan Perform mingguan.

eso1&2

EKA SANVADITA ORCHESTRA GENERASI 1 & 2

Tidak membutuhkan waktu yang lama, komunitas ini pun berkembang seiring dengan berkembangnya kampus Telkom yang mulai bersatu menjadi Universitas Telkom. Pada kepengurusan 2013 di bawah kepemimpinan Muhamad Fachmi Ichsan, komunitas ini mulai memiliki banyak anggota dengan beragam alat musik, tidak hanya biola saja.

Anggota baru pun direkrut dari institusi lainnya yang dulu dikenal dengan nama Institut Manajemen (IM)Telkom, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain (STISI) Telkom, dan Politeknik Telkom.

Dengan bersatunya keempat institusi ini (yang kemudian menjadi fakultas di Universitas Telkom), maka Komunitas Violinist IT Telkom mengubah visi misinya dan mencalonkan diri untuk menjadi UKM Orkestra dengan nama “Eka Sanvadita Orchestra”, nama yang dirangkai oleh Ivan Denata, violinist sekaligus flutist ESO. “Eka Sanvadita” diambil dari bahasa Gujarat yang berarti “Satu Harmoni”.

eso3

EKA SANVADITA ORCHESTRA GENERASI KETIGA

Setelah mengalami proses dan perjuangan panjang, ESO akhirnya resmi menjadi UKM Universitas Telkom di bawah kepemimpinan Rangga Rifqi Pratama, tahun 2014.

ESO pun terus berkembang hingga sekarang, pada tahun kepemimpinan ke empat (2015) oleh Sheira Banu Nasution, ESO telah memiliki anggota yang lebih banyak dan dengan alat musik yang lebih beragam, dan memiliki lebih banyak lagi pengalaman tampil di berbagai acara, termasuk menjalankan proker ESO yaitu “ESO Mini Concert”.

Pada tahun 2016, kepemimpinan digenggam oleh Raka Adnan Rifhano, seorang pianist Eka Sanvadita Orchestra. Pada tahun ini ESO telah berhasil menyelenggarakan Big Concert ESO dengan tema “Una in Perpetuum” yang memiliki makna “bersama selamanya”. Dengan mengusung tema tersebut, ESO membawakan lagu-lagu nostalgia dari kanak-kanak hingga dewasa yang telah di aransemen dengan menarik.

eso4

EKA SANVADITA ORCHESTRA GENERASI KEEMPAT

eso5

EKA SANVADITA ORCHESTRA GENERASI KELIMA

Ayo! Tunggu apalagi? Ingin menambah pengalaman organisasi? Ingin menambah keluarga yang memiliki hobi sama? Ingin merasakan pengalaman mengikuti orchestra? Kuy gabung dengan satu satunya UKM Orkestra terkece di Telkom University, Eka Sanvadita Orchestra.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar musik orkestra dan ingin mendapatkan informasi terbaru soal ESO, bisa menghubungi lewat media sosial di :

FB                              : EkaSanvaditaOrchestra

TWITTER                   : @ekasanvadita

ASKFM                       : @EkaSanvadita

INSTAGRAM             : @ekasanvadita

LINE@                       : @wif8585f

Dan jika ingin melihat tentang eka sanvadita orchestra silakan mengunjungi website kami di esorchestra.org.telkomuniversity.ac.id

 

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *