Cari tau Prospek Kerja S1 Tel-U | Berdasarkan Profil Kerja Alumni / Fakultas

Bandung, Students Tel-U – Terdapat 7 Fakultas pada Telkom University. Dari tujuh fakultas tersebut, terdapat tujuh program pendidikan diploma, tujuh belas program pendidikan sarjana dan tiga program pendidikan pasca sarja.

Banyaknya mahasiswa baru yang bertanya-tanya mengenai Prospek Kerja masing-masing program studi ke akun Line (@studentstel-u), memaksa kami untuk memberikan informasi mengenai ‘Cari tau Prospek Kerja S1 Tel-U | Berdasarkan Profil Kerja Alumni / Fakultas’.

Informasi Prospek Kerja S1 (bachelor) Telkom University kami klasifikan berdasarkan Fakultasnya. Berikut adalah Prospek Kerja S1 Tel-U berdasarkan Profil Kerja Alumni (field of work)

  • Fakultas Teknik Elektro
    fakultas teknik elektro
    Fakultas yang terdiri dari Program Studi S1 : Teknik Telekomunikasi, Teknik Telekomunikasi (Kelas Internasional), Teknik Elektro, Sistem Komputer dan Teknik Fisika ini memiliki prospek kerja mayoritas di bidang Telekomunikasi. Dapat dilihat pada pie chart di atas bahwa profil kerja alumni 48 persen berkecimpung pada bidang telekomunikasi.
  • Fakultas Rekayasa Industri
    fakultas rekayasa industri
    Fakultas yang terdiri dari Program Studi : Teknik Industri, Teknik Industri (Kelas Internasional), Sistem Informasi, Sistem Informasi (Kelas Internasional) ini memiliki mayoritas di Bidang Telekomunikasi (sama seperti Fakultas Teknik Elektro). namun bagi Program Studi Teknik Industri memiliki ‘keunikan’ sendiri dikarenakan Prodi tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan Finance/Banking diakibatkan Kurikulum Teknik Industri yang terdapat Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan bahkan Ilmu Sosial (Social Sciences)
  • Fakultas Teknik Informatika
    Fakultas Teknik InformatikaFakultas yang terdiri dari Program Studi S1 : Fakultas Informatika, Fakultas Informatika (Kelas Internasional) dan Ilmu Komputasi ini memiliki mayoritas di Bidang Telekomunikasi (sama seperti Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Rekayasa Industri). Fakultas ini diharapkan mencetak para ahli di bidang ICT (Information and Communication Technologies) untuk memenuhi kebutuhan Industi ICT yang sangat berkembang pesat.
  • Fakultas Ekonomi Bisnis
    Fakultas Ekonomi Bisnis
    Fakultas yang terdiri dari Program Studi S1 : MBTI, MBTI (Kelas Internasional), dan Akuntansi ini memiliki prospek kerja yang beragam jika dilihat dari profil kerja alumni fakultas ini. Mayoritas alumni bekerja pada bidang perbankan (30%), Telekomunikasi(21 %) dan Layanan (20 %). Hal ini wajar dikarenakan kurikulum pada MBTI  tidak hanya fokus pada satu bidang saja dan kurikulum Akuntansi berfokus pada ilmu Akuntansi dan Audit yang dibutuhkan oleh Perbankan dan bidang perusahaan lainnya.
  • Fakultas Komunikasi BisnisFakultas Komunikasi BisnisFakultas yang terdiri dari Program Studi Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis (Kelas Internasional) dan Ilmu Komunikasi ini memiliki prospek kerja yang beragam jika dilihat dari profil kerja alumni fakultas ini. Prospek kerja Fakultas ini sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis.
  • Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Industri Kreatif
    Mohon maaf kami tidak mendapatkan data profil kerja alumni Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Industri Kreatif. namun kami dapat testimonial salah satu alumni dari 2 Fakultas tersebut
    Testimoni Fakultas Ilmu Kreatif 2015-06-26_06-13-11

Data di atas didapatkan melalui Program Tracer Study tahun lalu (baca : Pembukaan Tracer Study untuk Alumni Telkom University Lulusan 2013) dan kemungkinan besar Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Industri Kreatif tidak melakukan Tracer Study pada tahun lalu (kami akan coba konfirmasi terkait hal ini).

Untuk Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Informatika dan Fakultas Rekayasa Industri memiliki data pie chart yang sama diakibatkan pada tahun lalu ketiga Fakultas tersebut masih berada pada satu naungan Fakultas yang sama (Fakultas Teknik). Hal ini juga menjadi alasan mengapa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Komunikasi Bisnis memiliki pie chart yang sama diakibatkan fakultas tersebut pada tahun lalu berapa pada satu Naungan Fakultas yang sama (Fakultas Ekonomi Bisnis).

Pemekaran/Transformasi Fakultas baru terjadi pada Juli 2014. Transformasi tersebut menghilangkan Fakultas Teknik dan Tel-U menambah 4 Fakultas baru (baca :Telkom University Resmi Menambah Empat Fakultas Baru).

Informasi yang kami dapatkan berasal dari browsur online (e-brochure) International Office Telkom University. Walaupun browsur ini diperuntukan bagi International Student namun konten didalamnya masih terkait dengan mahasiswa reguler. Hal ini bisa dibuktikan dengan browsur online (e-brochure) Pascasarjana Tel-U versi Indonesia dan browsur online Tel-U Postgraduate Prospectus (English) memiliki konten yang sama. (ir)

Sumber : Telkom University Prospectus

Keyword(s) :

Komentar

  • Kudzia

    wow, keren yah untuk prospek kerjanya. sukses terus tel-u

  • Mantabb, sy juga mahasiswa SI

  • kalau untuk teknik informatika international class apa bisa gk kerja di google ketika lulusnya

  • Rosana

    Sy mau menanyakan apakah ada lulusan Telkom University yg bekerja di BI atau OJK?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *