Calon Superstar – Snapdragon 660

Bandung, Students Tel-U – 9 Mei 2017 lalu Qualcomm merilis sebuah prosesor seri 660. Prosesor ini diklaim 30% lebih cepat pada performa dan grafis, maju dalam multimedia dan permainan, pembesaran optikal yang halus, lebih cepat dua kali, dan dibuat dalam kepintaran.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa seri 6xx merupakan seri menengah dari tingkatan prosesor Snapdragon. Pada Snapdragon sendiri terdapat 4 tingkatan seri yaitu, seri 2xx, seri 4xx, seri 6xx, dan seri 8xx. Di mana seri 2xx merupakan seri rendah, 4xx menengah ke bawah, 6xx menengah ke atas, dan 8xx seri tinggi.

Pada seri 660, Snapdragon menyematkan 8 inti core prosesor 64 bit dengan fabrikasi 14nm berchipset Kryro 260 dengan kecepatan 2, 2GHz dan 1, 8GHz serta Digital Signal Processor (DSP) Hexagon 680, dimana dua chipset tersebut merupakan chipset dari seri Snapdragon 820 dan 821. Selain itu, Qualcommpun menyematkan dua Image Signal Processing (ISP) Qualcomm Spectra 160 dengan dukungan satu kamera utama dengan maksimal 24MP atau dua kamera utama dengan maksimal 16MP, Electonic Image Stabilization (EIS), hybrid auto focus, optical zoom, zero shutter lag, perekaman video berresolusi 4K 30 fps. Untuk kecepatan berinternet, Qualcomm menyematkan LTE X12 di mana kecepatan unduh bisa mencapai 600 Mbps dan unggah bisa mencapai 150 Mbps. Untuk komunikasi lainnya, Snapdragon 660 mendukung bluetooth v5.0 dan Near Field Communication (NFC).

Untuk pengujiannya Snapdragon 660 bisa menyaingi seri atas dari Helio x30, silakan lihat video di bawah ini untuk melihat perbandingannya.

Bedasarkan paparan di atas, bisa kita simpulkan bahwa Snapdragon 660 merupakan seri menengah rasa flagship yang memiliki fitur yang terbaru mengikuti perkembangan yang ada saat ini seperti dual camera, Qualcomm quick charge 4.0 (fast charging), dan performa seperti flagship Snapdragon 820/821.

Selain itu, kemungkinan menjadi superstar sangatlah tinggi mengingat seri ini adalah seri menengah, sehingga harga yang akan ditawarkan lebih murah dari seri highend dan banyak produsen akan menggunakan seri ini untuk menggaet konsumen yang mencari/berorientasi ke performa. (AKI)

Sumber : Snapdragon 660 dan DroidLime.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *