Bitcoin yang Semakin Populer

Bandung, Students Tel-U - Pasti sudah tidak asing lagi mendengar tentang sebutan ‘mata uang’ di muka umum. Uang adalah alat tukar yang digunakan di kehidupan masyarakat pada umumnya. Setiap negara memiliki mata uang dan nilai yang berbeda. Tapi, apakah kalian pernah mendengar tentang mata uang virtual?

Mata uang virtual adalah alat tukar yang digunakan di dunia digital atau yang sering disebut cryptocurrency. Dengan mengenal tentang mata uang digital, kita harus tau berbagai macam dan kurs uang tersebut. Salah satu mata uang virtual yang belakangan ini kian populer dan melejit nilainya ialah Bitcoin.

Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual yang di buat oleh Satoshi Nakamoto sekitar tahun 2009. Dilansir dari berbagai situs, nama Bitcoin dikaitkan erat dengan nama open source yang dia rancang pada saat itu. Bitcoin memiliki database yang menyebar ke node-node dari sebuah jaringan Peer to Peer ke berbagai transaksi dan menggunakan kriptografi atau kata lainnya pengkodean agar pesan yang disampaikan aman. Itu dilakukan untuk memastikan agar Bitcoin hanya dapat digunakan oleh orang yang memilikinya dan tidak pernah digunakan lebih dari satu kali.Sampai artikel ini ditulis, harga 1 Bitcoin = 79.689.900 Rupiah. Kenapa harganya bisa melambung tinggi?

Nah, mari mengenal lebih dalam, apa itu Bitcoin? Kenapa tiap tahun, makin mahal harganya? Apakah aman memiliki Bitcoin?

Bitcoin memiliki fitur sebagai berikut :

  • Transfer instant secara peer to peer
Peer-to-peer sendiri yang artinya bisa berjalan tanpa memiliki server pusat. Jadi, Bitcoin bisa berjalan tanpa harus memiliki server pusat. Server penyimpanan Bitcoin sendiri hanya bersifat sementara.
  • Transfer ke mana saja
Karena ini mata uang virtual, Bitcoin bisa di transfer kemanapun kamu mau dalam hitungan detik, hanya memerlukan koneksi internet.
  • Biaya transfer sangat kecil
Sekiranya dengan bank biasa, bank satu ke bank lainnya atau memakai multi payment biasanya mempunyai biaya transfer dari sekitar 5000-10000. Tapi, di Bitcoin, bisa dibilang tidak ada biaya transfer. Paling tidak hanya 3000 ke bawah untuk pihak ketiga.
  • Transaksi bersifat irreversible
Irreversible yang dimaksud adalah transfer Bitcoin kamu tidak bisa dibatalkan sepihak. Jika kamu sudah terlanjur mentransfer bitcoin ke orang lain, maka tidak akan bisa ditarik atau orang tersebut bersedia mengembalikannya kembali kepada kamu.
  • Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun
Ini salah satu untungnya mempunyai Bitcoin daripada uang, emas, atau barang berharga lainnya. Bitcoin sebagai mata uang digital  menggunakan database dengan jutaan server yang dikontrol bukan hanya satu pihak. Database trasaksi yang dilakukan bisa dilihat atau transparant secara live untuk umum. Jadi, bagi yang ingin memalsukan Bitcoin ataupun transaksinya, itu sangat tidak mungkin dilakukan.
  • Jumlahnya terbatas
Inilah hal klasik yang meninggikan nilai mata uang. Jumlah Bitcoin saat ini hanya ada sekitar 21 juta Bitcoin yang tersebar di dunia. Kenapa tiap tahun harga Bitcoin makin mahal? Ini dikarenakan penciptaan Bitcoin setiap tahun semakin berkurang. Sama halnya dengan sistem ekonomi sekarang. Maka dari itu, kurs Bitcoin semakin tinggi.

Bagi kamu yang menanyakan, apakah Bitcoin ini aman? Apakah bisa buat investasi? Ini mata uang digital, jadi bisa dimanipulasi komputer, dong? Bitcoin sendiri memiliki sistem yang sampai saat ini disebut ‘sistem tanpa cacat’. Setiap transaksi yang dilakukan dari awal sampai sekarang masih tersimpan di semua peer jaringan server secara berurutan. Setiap transaksi yang masuk ke server harus diverifikasi terlebih dahulu oleh peer yang ada sebelum dinyatakan valid, kemudian masuk ke server.

Sekilas tentang Bitcoin, semoga menambah pemahaman anda tentang mata uang yang tenar dikalangan para marketer. (AGT)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *