Besok, Ridwan Kamil Akan Luncurkan Aplikasi Panic Button

Malingping, Students Tel-U – Pada bulan Maret lalu wali kota Ridwan Kamil menyatakan bahwa tombol panik siap rilis (baca : Apps ‘Tombol Panik’ Bodyguard Mini Pencegah Kejahatan). Dan akhirnya, besok (10/07) tombol panik tersebut akan launching. Hal tersebut dipaparkan secara jelas di akun Twitter milik Wali Kota Bandung, @ridwankamil.

[perfect_quotes id=”7466″]

Tombol panik yang diberi nama “X-Igent Panic button” ini sangatlah mudah digunakan. Cukup dengan menekan sebanyak tiga kali secara cepat, kurang dari 15 detik maka akan memunculkan bunyi sirine yang terhubung dengan layar Bandung Command Center, yang terletak di Balai Kota Bandung. Secara otomatis juga, akan terkirim lokasi di mana penekanan tombol panik tersebut.

2

X-Igent Panic Button

Selain itu juga, tombol panik akan mengirimkan pesan secara otomatis, memberi tahu bahwa sedang dalam keadaan darurat pada whitelist/kerabat terdekat yang telah ditentukan pada saat awal registrasi, dengan dua metode. Pertama, lewat Push Notification (jika kerabat Anda sudah terdaftar di X-Igent) dan lewat SMS (Jika kerabat belum terdaftar di X-Igent). Pengiriman pesan lewat SMS dikenakan biaya normal, sesuai dengan operator yang digunakan.

a

daftar kerabat

Untuk mempermudah dalam penggunaanya, tombol panik dapat ditempatkan pada homescreen smartphone Anda, sehingga tombol panik tersebut dapat dengan mudah digunakan dalam keadaan darurat, dan tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu untuk menekan tombol.

widget X-Igent Panic Button pada homescreen

Selain dapat ditempatkan di homescreen, tombol panik ini juga dapat diletakan di lockscreen smartphone (Android versi 4.1 s.d 4.4), sehingga pengguna tidak usah membuka lockscreen terlebih dahulu untuk menekan tombol panik.

widget X-Igent Panic Button pada lockscreen

Penerimaan telepon secara otomatis (Auto Answer) juga menjadi salah satu fitur, untuk memverifikasi kejadian yang dilakukan oleh whitelist dan Bandung Command Center. Tempat-tempat penting yang berada di sekitar pengguna yang mungkin dibutuhkan dan dapat membantu pengguna, dilengkapi dengan list nama beserta alamat lengkap juga tersedia dalam aplikasi ini.

lokasi tempat penting

Namun, jangan coba-coba untuk menyalahgunakan aplikasi ini, karena registrasi aplikasi ini menggunkan nomor ponsel dan nomor IMEI ponsel, dan telah tersimpan secara otomatis.

(MAY/Mfc)
Sumber

[appbox googleplay com.synchz.x_igent_app]

Keyword(s) : , ,

Komentar

  • Menarik sekali, Ridwan Kamil memang hebat soal yang begini2, terutama teknologi, industri kreatif dan sosial concern,
    semoga bisa bermanfaat dan yang paling penting bisa jalan terus program panic buttonnya, jangan cuma di awal2

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *