Berlakunya Jam Malam PBB, Apa Kata Mahasiswa?

Bandung, Students Tel-U – Perumahan Permata Buah Batu (PBB) yang sebagian besar penghuninya adalah mahasiswa Universitas Telkom kini mencetuskan kebijakan baru, yakni berlakunya jam malam. Gerbang PBB akan ditutup mulai pukul 23.00 hingga 04.00. Kebijakan tersebut berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2016 lalu. Untungnya jam malam ini hanya berlaku untuk tamu. Para aktivis mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan di kampus hingga malam masih diperbolehkan masuk di atas jam 23.00 jika memberikan alasan yang kuat kepada satpam yang bertugas.

“Sebenernya kalau penghuni masih dibolehin masuk sih meski di atas jam 23.00 tapi ditanya dulu abis kegiatan apa dan kosannya di blok apa, dulu mah tinggal masuk aja gak ditanya-tanya dulu.” kata Rivo Andini, salah satu penghuni komplek Permata Buah Batu.

Dalam kebijakan baru pasti ada saja pihak yang merasa dirugikan, seperti jasa delivery yang diperbolehkan masuk hanya jika meninggalkan kartu identitas di pos satpam. Jika tukang delivery tersebut tidak membawa kartu identitas maka tidak diperbolehkan masuk sehingga mahasiswa harus mengambil sendiri ke gerbang PBB.

“Bagusnya mah nggak ada jam malam kayak gitu, temen aku pesen McD tengah malem tukang deliverynya nggak boleh masuk jadi kita yang harus ambil ke gerbang, kan jadi repot dan mager juga.” tambah Rivo.

Kebijakan ini dibuat oleh ketua RT baru dengan tujuan untuk memperbaiki keamanan dan ketertiban sekitar komplek. Jam malam ini sudah direncanakan sejak lama namun baru dapat direalisasikan pada awal bulan Oktober ini. Dalam upaya menjaga keamanan komplek, pengurus komplek juga mewajibkan para penghuni yang memiliki kendaraan untuk menempelkan stiker khusus penghuni PBB di kendaraannya supaya kendaraan dari luar tidak bisa sembarangan keluar masuk.

“Dibikin peraturan kayak gini tuh karena sebelumnya banyak kasus kehilangan, tapi setelah beberapa hari jalanin kebijakan ini alhamdulillah sedikit tertib dan jadi lebih aman meskipun masyarakat apalagi mahasiswa masih belum terbiasa dengan adanya jam malam.” ujar Pak Tete Suparman, satpam komplek Permata Buah Batu.

Peraturan baru ini memang sedikit berpengaruh terhadap kegiatan mahasiswa diluar perkuliahan, namun pasti ada sisi positif dan negatifnya bagi mahasiswa yang tinggal di PBB. Bagaimana menurutmu? (GAF)

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *