Berbagai Pengalaman Unik selama menjadi Mahasiswa Tel-U

Bandung, Students Tel-U – Penulis akan mencoba mencurahkan pengalaman-pengalamannya selama 3 tahun mengenyam pendidikan di Telkom University. Kisah yang dituliskan pada artikel ini berdasarkan fakta yang terjadi pada tahun 2012-2015. Pada umumnya pengalaman-pengalaman ini akan ditempuh juga bagi mahasiswa Telkom University (jika mengambil jalan yang lurus).

Sebelumnya penulis sudah menuliskan artikel mengenai Survival Guide for Students in Telkom University sebuah artikel bagi kamu mahasiswa baru yang ingin bertahan menjadi mahasiswa Tel-U dengan baik dan Benar

  • Masa Orientasi (Dahulu disebut OKMB di Institut Manajemen Telkom)
    orientasi telkom

    OMB Tel-U 2014. Foto by : Tel-U

    Masa Orientasi adalah masa yang tidak bisa dilupakan dan masa paling melelahkan ketika dijalani. Banyak pesan-pesan tersurat maupun tersirat pada masa ini yang disampaikan oleh abang dan kakak angkatan. Namun suasana Orientasi pada Telkom University mulai berubah sejak tahun 2013 hingga 2014 akibat transformasi yang ada pada Telkom University. Untuk tahun 2015 ini denger-denger bakal ada panitia OMB yang telah direkrut oleh kampus dan sudah dipersiapkan untuk menyambut calon mahasiswa Baru 2015.

  • UKM Fair!
    Suasana UKM Fair 2014

    Suasana UKM Fair 2014

    Setelah Masa Orientasi, bakal ada UKM (Unit Kegiatan mahasiswa) Fair. UKM Fair itu Ajang pameran Organisasi-Organisasi di Telkom University dimana pada umumnya Organisasi tersebut membuka pendaftaran anggota dan mengenalkan Organisasi tersebut secara unik dan keren. Ajang Unjuk Gigi antar UKM tersebut umumnya dilaksanakan di Pelataran Asrama Putri dan dilakukan pada awal perkuliahan. Penulis pada saat itu sempat mendaftar di 3 Organisasi (1 UKM Rohani, 1 UKM Budaya dan UKM Teknologi bernama CCI) namun sampai saat ini penulis ‘kepincut’ hanya di satu organisasi yaitu CCI!

  • Banyak Konser Musik!
    080215-Judika_Sihotang_Meriahkan_Pagelaran_Seni_dan_Budaya_Sumatera_Utara
    Wah kalo pada awal semester hingga pertengahan bakal banyak event konser musik di Tel-U. Biasanya sih ngundang Maliq & d’essentials, Tulus, The Sigit, Judika dan band-band bandung yang ga kalah terkenal! Seru Deh! (kalo harga tiketnya ga mahal)
  • Kotak Putih berseliweran di Kelas
    Penjaja Danus | Foto : danausaha

    Penjaja Danus | Foto : danausaha

    Kotak Putih berisi gorengan, kue basah bahkan Donat J.co bakalan menghiasi kelas ketika pra-event suatu UKM/kepanitiaan berlangsung. Penjaja Kotak Putih tersebut adalah anggota Kepanitiaan yang bertugas menjajakan Danus (Dana Usaha)nya ke teman-teman di kelasnya. Kalo ga ada Danus, ga keren deh berarti kelasnya.

  • Ajakan MLM mulai berdatangan
    mlm semester

    Semester Awal dan MLM | Foto :kartun ngampus

    Setelah melalui proses UKM Fair, penulis kembali dikejutkan dengan tawaran ajakan MLM dari berbagai sisi pada tahun pertama perkuliahan. Pada awalnya ajakan itu datang dari seorang senior berbeda jurusan dan kami (penulis dan 3 orang teman) diajak ke salah satu kontrakan di daerah Pesona Bali (memang nama sebenarnya) untuk diprospek. memang menggiurkan pada saat diprospek namun karena modal tidak cukup akhirnya penulis tidak jadi ikutan. Sang Senior berhasil mengajak salah satu teman penulis dan teman penulis hingga saat ini Alhamdulilah masih menjadi mahasiswa.

  • Penyakit Diare, Tifus dan DBD bukan menjadi hal yang asing
    Komik DBD | Foto :SiJuki
    Banyak sekali teman-teman penulis pada tahun pertama dan kedua mencicipi ketiga penyakit tersebut. Penyakit Diare dan Tifus memang rawan di Telkom University jika tidak menjaga pola makan yang baik sementara penyakit DBD pada umumnya dihinggapi oleh mahasiswa Teknik. Konon katanya, mahasiswa Teknik rawan kena DBD akibat lingkungan pada Fakultas Teknik yang masih banyak rawa-rawa, pepohonan, dan genangan air yang menjadi sarang nyamuk. So, sediakan Lotion Obat Nyamuk jika ingin mengerjakan tugas di saung-saung Fakutas Teknik. (Alhamdulillah penulis belum pernah mencicipi ketiga penyakit tersebut selama di Tel-U)
  • Maling! Kasus Pencurian kerap terjadi
    ilustrasi maling kost | foto :pojoksatu.id

    ilustrasi maling kost | foto :pojoksatu.id

    Banyak sekali kasus pencurian di daerah sekitar Tel-U, mulai dari kasus pencurian motor, pencurian barang berharga di kostan hingga kasus pencurian pada saat prosesi Wisuda. Banyaknya kasus pencurian tersebut membuat Tel-U menerapkan sistem Gate Perpakiran yang lebih aman dengan memakai RFID. Penulis menyarankan untuk memakai kunci ganda jika memakai kendaraan roda dua dan memilih kost yang memiliki keamanan yang layak. (baca : Lagi, 3 Pencurian Kendaraan Bermotor Terjadi di Asrama)

  • PEMILU! eh PEMIRA bakal dilaksanain setiap akhir tahun

    Logo E-Vote Pemira FEB-FKB | Foto : Pemira FEB-FKB

    Logo E-Vote Pemira FEB-FKB | Foto : Pemira FEB-FKB

    Pemira (Pemilihan Raya) bakal dilaksanakan untuk menentukan Presiden mahasiswa (Ketua BEM) dan Anggota DPM (Dewan Perwakilan mahasiswa) untuk periode selanjutnya. Biasanya sih PEMIRA di Telkom pakai E-Vote namun di tahun 2014 kembali memakai Kertas sebagai media pemilihannya. Hanya Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Komunikasi Bisnis yang tetap menggunakan E-Vote sebagai sistem pemilihan.

  • Kanker melanda bagi yang kebablasan

    Ilustrasi Kantong Kering

    Ilustrasi Kantong Kering

    Pengidap kanker akan selalu meningkat menjelang tanggal tua. Mereka yang berhasil ‘survive’ dari Kanker adalah mereka yang terpilih dan telah mempersiapkan perencanaan keuangan dengan baik. (baca : 6 Hal yang membuat mahasiswa terkena kanker (kantong kering))

  • Antrian panjang terjadi pada tanggal 1

    Ilustrasi Antrian | Sum er : kaskus

    Ilustrasi Antrian | Sumber : kaskus

    Antrian panjang tersebut pada umumnya terjadi pada Lokasi-lokasi ATM di Tel-U. Pada umumnya mereka yang terpilih (mendapatkan uang saku di awal bulan) akan segera mencairkan dananya di ATM Centre Fakultas Ilmu Terapan. Dan pernah kejadian, karena kegirangan dapat narik uang di ATM, ternyata Kartu ATMnya ga ketarik dan terjadilah hal yang tidak diinginkan (Kartu ATM ketelen Mesin). tetap fokus berhadapan dengan mesin ATM ya.

  • Memulai mencari Pendamping Hidup sejak awal semester baru.

    nasehat cari pacar | foto : makeameme.org

    nasehat cari pacar | foto : makeameme.org

    Biasanya sih mahasiswa Tel-U bakal nyari-nyari pacar di awal semester baru. ga hanya Juniornya, itu Seniornya juga bakal mencari perhatian ke adik-adik kelasnya. Biasanya yang PDKTnya hampir berhasil bakalan nembak di Danau Galau (umumnya karena tempatnya lumayan romantis) dan kalo ditolak bisa langsung galau di danau itu tuh. Bahkan tren sekarang banyak yang mencari peruntungan untuk mencari pendamping hidup via Telkom HiTZ maupun Telkom Cantik di aplikasi chatting ‘Line’.

Masih banyak lagi pengalaman seru dan unik penulis yang terjadi di Telkom University. Namun pengalaman di atas sudah cukup mewakili pengalaman-pengalaman umum yang akan dialami mahasiswa baru Tel-U kelak. Tetap bangga jadi mahasiswa Tel-U! (ir)

 

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *