Bengkel Seni Embun, Wadah Pengembangan Potensi

Bandung, Students Tel-U – Bengkel Seni Embun merupakan sebuah Komunitas yang berdiri sejak 23 November 2007. Seiringnya waktu, Bengkel Seni Embun ini menjadi Unit Kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni. Disini, Bengkel Seni Embun dapat mewadahi bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/i Telkom. Tidak hanya menampung saja, tetapi akan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh mahasiwa/i tersebut.

Dalam Bengkel Seni Embun terdapat 5 bidang kesenian yang biasa kami sebut dengan ‘Talent’ yaitu diantaranya; Musik, Teater, Dance, Movie, dan Event Organizer. Dan di dalam Bengkel Seni Embun ini, kami tidak membatasi mahasiswa/i untuk mengikuti satu bidang saja, kami sangat membebaskan mahasiwa/i yang ingin mengembangkan bakatnya dalam berbagai bidang.

Musik

Musik dalam Bengkel Seni Embun dapat ditampilkan dengan berbagai cara, dapat menjadi pemain solo, membentuk sebuah band, dan kreatifitas yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa/i lainnya. Tentu saja tidak hanya terpaku dalam satu genre, di sini kami akan mendukung semua pilihan anggota kami dalam berkarya, selama itu positif.

Dance

Dance dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Tradisional, Modern dan Saman. Banyak sekali pernyataan mengapa kami membedakan antara kategori saman dan tradisional, dikarenakan tari saman memiliki pola khusus tersendiri, dan terdapat keberagaman yang sangat banyak di dalamnya, sedangkan tari tradisional kami lebih mengerucutkan kepada tarian-tarian yang polanya sangat tidak beraturan, dan sangat berbeda dengan saman. Di dalam kategori Modern Dance sendiri, kami membaginya menjadi empat pilihan, yaitu Hiphop, Funk, Bboy/Bgirl, dan Ladies. Modern Dance | foto : UKM Bengkel Seni Embun Tari Saman | foto : UKM Bengkel Seni Embun

Teater

Yang membedakan teater Bengkel Seni Embun dengan yang lain ialah, kami tidak terpaku dengan hanya menampilkan teater yang biasanya ditampilkan ditempat lain, tetapi teater dalam Bengkel Seni Embun lebih disimpulkan dengan Seni Drama, oleh karena itu terkadang Talent dari teater dapat menampilkan kabaret. Dan Talent dapat membuat cerita sendiri.

Movie

Sesuai dengan nama talentnya yaitu ‘Movie’ dalam Bengkel Seni Embun talent movie dapat membuat film pendek dan dapat memilih jobdesknya masing-masing, dalam satu tim bisa menjadi produser, cameraman hingga pemain (aktor/aktris), di bidang ini talent dapat membuat berbagai macam film, dan dapat berkolaborasi dengan talent lainnya, bisa saja bekerja sama dengan talent teater untuk menjadi aktor/aktrisnya, jika dengan musik dapat membuat sebuah video klip atau lainnya.
Ini merupakan salah satu karya dari talent Movie :

Event Organizer

Memang jarang sekali komunitas yang memiliki bidang seni yang satu ini, yaitu Event Organizer (EO), banyak sekali pernyataan yang kami dapatkan mengenai talent yang satu ini, mengapa EO dikategorikan dalam suatu seni. Tentu saja EO merupakan seni, yaitu dalam membuat suatu acara. mahasiswa/i yang mempunyai bakat dalam menyelenggarakan sebuah acara ataupun ingin belajar membuat sebuah acara sangat disarankan untuk bergabung dengan EO

Untuk kegiatan rutin sendiri, di sini tiap talent memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Seperti talent Musik, Dance dan Teater mengadakan latihan rutin untuk mengasah skill yang mereka punya untuk mengisi acara di event-event besar maupun kecil. Talent Movie mengadakan kumpul rutin untuk mempersiapkan pre-production (pra-produksi) yang biasa dilakukan dengan menukar ide atau brainstroming pembentukkan konsep, penulisan naskah, dan lainnya, yang akan dilanjutkan ke dalam tahap production (produksi), dan setelah itu akan ada proses finishing atau post-production (pasca produksi) dari semua proses yang sudah dilakukan, sehingga akan dijadikan sebuah karya berupa film maupun video. Selain itu, talent movie juga akan mendokumentasikan proses perjalanan di setiap kegiatan movic atau acara talent Embun lainnya (membuat behind the scene). Talent Event Organizer di sini mengadakan kumpul rutin untuk membuat mahasiswa/i yang mengikuti Event Organizer ini menjadi tahu, bagaimana sebuah Event Organizer itu seharusnya, mulai dari logistik barang sampai mendatangkan pengisi acara/artist. Event Organizer ini juga membuat event dalam skala kampus.

Demikian penjelasan sedikit kami mengenai Bengkel Seni Embun yang sudah kami anggap menjadi keluarga, jika teman-teman berkenan untuk bergabung bersama kami, bisa mendaftar di sini.

#WeAreDifferentButRespectEachOther

Contact Person :
Official Line : @vmv3664w (pakai @)
Instagram : @embununitel
Youtube : Bengkel Seni Embun

Artikel lain terkait UKM Bengkel Seni Embun dapat dilihat di sini.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *