BEM FKB Sukses Menyelenggarakan “SIGMA” Speech & Idea Challenge

Bandung, Students Tel-U – Seminar dan Lomba yang bertajuk SIGMA ini diadakan pada hari  Sabtu, 22 Oktober 2016 oleh Departemen LITBANG BEM FKB Telkom University. Rangkaian kegiatan SIGMA yang merupakan singkatan dari “Share Inspiration and Get Mature with Abilities“, diawali dengan kompetisi speech dan idea challenge yang menantang para mahasiswa Telkom University untuk mengemukakan ide-ide ala pemuda, baik melalui tulisan dan presentasi maupun pidato.

Untuk kompetisi Speech Challenge, 12 orang peserta diminta untuk membuat naskah pidato sesuai dengan tema yang ditentukan oleh panitia. “Tema speech sendiri spesifik pada isu pendidikan, politik dan teknologi”, ujar Mia selaku ketua pelaksana SIGMA. Pada saat pelaksanaan speech, para peserta pun mengemukakan gagasannya dengan semangat berapi-api. Gagasan seperti revolusi mental, pemblokiran pornografi hingga ideologi islam menjadi gagasan yang dibawakan peserta. Setelah menyampaikan speech-nya, para peserta pun diberikan komentar dan dinilai oleh dewan juri.

Akhirnya dewan juri memilih lima besar mahasiswa untuk masuk ke babak Impromtu speech, yaitu babak dimana mahasiswa diberikan tema speech dan langsung menyampaikan speechnya, lalu menentukan pemenang tiga besar berdasarkan speech tersebut.

sigma

Berikut adalah hasil akhir tiga besar pemenang SIGMA Speech Challenge :

Juara 1 : Tito Naufal Ghiffari / S1 Teknik Elektro / FTE / 2016

Juara 2 : Muhammad Imadudin / S1 Teknik Fisika / FTE / 2015

Juara 3 : Ali Al Jufri / S1 MBTI / FEB / 2013

Untuk Idea Challenge sendiri, eliminasi awal telah dilakukan melalui pemilihan 10 Essay terbaik. “Setelah lolos, para finalis diminta untuk melakukan Idea Presentation dihadapan juri untuk mempresentasikan ide terbaiknya”, kata Mia.

sigmab

Berikut adalah pemenang Idea Challenge SIGMA :

Juara 1 : Aldo Tripolyta

Juara 2 : Yosua Kurniawan

Juara 3 : M. Ikhwan Mubaraq

Menurut Mia, pelaksanaan SIGMA ini bertujuan untuk menjadi reminder mahasiswa sebagai The Truly Agen of Change yang diartikan bahwa mahasiswa harus revolusioner dan benar-benar membawa perubahan. Mia berharap mahasiswa, khususnya mahasiswa Tel-U dapat memiliki karakter yang aktif, kontributif dan inspiratif.

Kampus sendiri sangat mendukung kegiatan ini dikarenakan hal ini merupakan wujud pelopor lomba Public Speaking, karena mahasiswa memang harus bisa mempresentasikan dan memaparkan idenya, tidak hanya menulis saja. Semoga penyelenggaraan kompetisi SIGMA ini tidak hanya sekedar kompetisi belaka, tetapi benar-benar bisa membawa perubahan untuk mahasiswa agar bisa lebih revolusioner didalam masyarakat melalui pemaparan pendapatnya. (MRF)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *