Beberapa Fakta Seputar Virus Corona Yang Perlu Kamu Ketahui!

Bandung, Students Tel-U – Beberapa minggu belakangan ini publik dikejutkan dengan berita tentang sebuah virus yang dapat menyebabkan kematian, yaitu Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV). Hingga saat ini Virus Corona sudah menjangkit lebih dari 14.000 orang dan telah memakan korban jiwa sebanyak 304 orang. Virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China ini dapat menyebar dengan sangat cepat, tidak heran mengapa masyarakat sangat waspada terhadap virus ini. Lantas, apa sebenarnya Virus Corona tersebut?

Awalnya Virus Corona adalah virus umum yang menyebar diantara hewan-hewan, namun belakangan ini virus tersebut dapat berevolusi dan menyebar ke manusia. Pihak berwenang dari China percaya bahwa Virus Corona kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meskipun sumber pastinya belum ditentukan. Di kota Wuhan, China memang terdapat sebuah seafood market bernama Huanan yang menjual berbagai makanan yang berasal dari hewan liar.

Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan Virus Corona? Virus Corona menyerang saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu. Gejala Virus Corona seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan hingga demam yang dapat berlangsung selama beberapa hari. Ada kemungkinan virus ini dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih rendah dan lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis.

Dan, bagaimana penyebaran Virus Corona tersebut? Virus Corona menyebar melalui batuk dan bersin, juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan benda yang umum disentuh. Saat ini infeksi virus corona sudah menyebar hingga 13 negara yaitu China, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Apa solusi pencegahan terjangkit Virus Corona? Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk perlindungan dari Virus Corona, namun kita dapat mencegah terjangkit Virus Corona dengan cara selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan, memakai masker jika sedang berpergian, hindari memegang benda umum dan memegang area hidung dan wajah setelahnya, dan juga selalu menutup mulut dan hidung jika sedang bersin.

Virus Corona memang belum menyebar hingga ke Indonesia tetapi tidak ada salahnya jika kita selalu waspada akan hal-hal buruk yang dapat terjadi. Stay Safe! (kai)

 

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200124125555-4-132444/apa-itu-virus-corona-ncov-yang-mematikan-gegerkan-dunia

https://news.detik.com/berita/d-4875198/apa-itu-virus-corona-berikut-ciri-dan-persebaran-penyakitnya  

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200202082828-113-470816/korban-tewas-virus-corona-304-orang-14-ribu-terinfeksi 

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *