Bagaimana Caranya Bertahan Sebagai “Freshman”?

Bandung, Students Tel-U – Selepas dari SMA atau sederajat memang tidak jarang untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke perguruan tinggi. Dengan beralihnya dari SMA ke perguruan tinggi, pasti ada suatu hal yang baru, lingkungan yang baru, sampai teman yang baru. Namun, seringkali terkendala oleh berbagai hal. Nah, untuk itu kita punya tips agar kamu para mahasiswa/i tingkat pertama dapat menyesuaikan diri :

  1. Kenali lingkungan kampus dan sekitarnya

Bagi mahasiswa/i baru tentunya akan kebingungan ketika pertama kali menginjakkan kakinya di kampus, apalagi jika area kampus sangat luas. Nah, untuk itu seharusnya kita mencari dan pelajari peta area kampus.  Dengan itu, kita tidak akan kebingungan lagi.

  1. Cetak jadwal mata kuliah

Sering kali kita lupa dengan suatu hal, terkadang juga lupa dengan jadwal mata kuliah sendiri. Bisa-bisa kita sering tidak masuk kelas jika terus lupa. Maka lebih baik untuk mencetak jadwal dan tempel di dinding kamar agar selalu ingat.

  1. Cari teman sebanyak-banyaknya

Kita sebagai manusia tentunya tidak bisa hidup sendiri, kita akan selalu membutuhkan orang lain. Dengan lingkungan yang baru, banyaklah berkenalan dengan orang lain agar memiliki banyak teman. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk medpatkan informasi loh.

  1. Ikuti organisasi

Jangan kuliah dan pulang saja saat menjadi mahasiswa/i. Ikuti beberapa organisasi yang ada di kampus, karna dengan begitu akan memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan kamu mengenaikampus dan  bonusnya kamu mendapatkan banyak tema baru.

  1. Bertanyalah ketika butuh bantuan

Biasanya kita merasa tidak bisa melakukan sesuatu, terutama ketika kita tidak bisa mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh dosen. Jika merasa tidak bisa, bertanyalah kepada teman yang mengerti dan minta dia untuk mengajari. Jangan sampai kita malu untuk meminta bantuan teman ya.

  1. Cari tahu tentang dosenmu

Sangat penting membuat hubungan baik dengan dosen, khususnya dosen yang menjadi pengajar kita saat itu. dosen menyukai seseorang yang aktif di kelas, sering bertanya di kelas maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen. Jadi, sering-seringlah lakukan itu! tapi jagan berlebihan.

  1. Buat dan atur jadwalmu

Ketika kuliah tidak ada yang mengatur kita lagi, semua tergantung dengan diri kita sendiri, terutama yang memilih kuliah yang letaknya jauh dari rumah. Jika dulu ada  orang tua yang selalu mengingatkan kita, kini kamu harus mandiri dalam mengatur jadwal. Jadi, buatlah jadwal kegiatanmu mulai dari jadwal kuliah, berorganisasi, bahkan mungkin hangout. Dengan begitu kamu tidak akan keteteran menjalankan semua kativitasmu.

Nah, itu tadi tips bagi mahasiswa/i dalam beradaptasi dengan lingkungan baru kampus kamu. Yuk coba terapkan 7 cara di atas, selamat mencoba! (WAP/MAY)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *