Awas, Ini Ganjaran untuk Pelaku Mencontek Saat Ujian!

Bandung, Students Tel-U – Kebiasaan yang seringkali di lakukan sebagian pelajar mulai dari siswa sekolah dasar hingga mahasiswa adalah mencotek saat ujian. Metode-metode yang dipakai untuk mensiasati contek-mencontek pun semakin beragam dan canggih. Bukan hanya saat ujian tulis saja, ujian praktikum pun tidak luput dari upaya contek-mencontek. Padahal, mencontek punya konsekuensi yang mesti di tanggung oleh pelakunya.

Begitu pun apabila mahasiswa Telkom University kedapatan mencontek saat ujian, pasti akan mendapat konsekuensi. Adapun ganjaran yang berlaku untuk pelaku ‘mencontek’ dalam ujian yang ada di Telkom University, yaitu sebagai berikut :

  • Mendapat Nilai C

mahasiswa yang akan langsung mendapatkan nilai C pada nilai ujian mata kuliah tersebut apabila ketahuan mencontek saat ujian berlangsung namun lembar jawaban belum terjawab dengan isi contekan sedikitpun.

  • Mendapatkan Nilai E

mahasiswa yang akan mendapatkan nilai E dengan adanya proses lanjutan yang akan diajukan oleh dosen mata kuliah tersebut apabila ketahuan mencontek saat ujian berlangsung dan lembar jawaban sudah terjawab dengan isi contekan.

Untuk menetapkan nilai E bagi mahasiswa yang ketahuan mencontek, dosen akan memprosesnya melalui sidang kode etik.

“Kalau dalam proses sidang kode etik, mahasiswa biasanya langsung mendapat nilai E untuk satu matakuliah, bahkan untuk semua matakuliah dalam satu semester, ” ujar salah satu mahasiswa yang berpengalaman dalam hal ini.

Ya, mahasiswa diharuskan untuk mengulang matakuliah. Namun, jika kejadiannya seperti mahasiswa tersebut yang mendapat C, ia dapat memilih pilihan mengulang matakuliah atau tidak. “Walaupun dikasih pilihan untuk boleh mengulang atau tidak, saya tetap ingin mengulang karena itu akan berpengaruh kepada IPK nantinya, ” ujar mahasiswa tersebut. “Disuruh orang tua juga, mumpung di sini (re : Telkom University) mengulang matakuliah tidak perlu bayar, ” tambahnya lagi.

kirik

Adapun jenis tanggungan yang akan di hadapkan oleh pelaku mencontek yang terjadi saat ujian praktikum yaitu di hadapkan beberapa pilihan, diantaranya :

  • Nilai ujian mendapat diskon 50%
  • Nilai ujian yang semula dari hasil yang telah di kerjakan akan mendapat potongan 50% dari nilai hasil ujian.
  • Membuat surat pengakuan melakukan contekan kepada asisten praktikum, dosen mata kuliah dan untuk koor asisten praktikum.

Duh, yakin nih masih mau mencontek? Yuk, biasakan hidup jujur mulai dari sekarang! (HK/KAS)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *