Awas! Bahaya Hidupkan Lampu Jauh Kendaraan Bermotor

Bandung, Students Tel-U – Fitur lampu jauh pada kendaraan bermotor memang sangat membantu, terlebih untuk kamu yang gemar berkendara pada malam hari. Tapi, jika digunakan tidak pada tempatnya, bisa berujung kehilangan nyawa, lho!

Kendaraan bermotor lazimnya memiliki dua jenis sorot (beam), yaitu lampu dekat (low beam) dan lampu jauh (high beam).

sumber gambar : emisiotakku.blogspot.com

sumber gambar : emisiotakku.blogspot.com

Penulis percaya, sebagian besar dari pembaca tentunya sudah paham bagaimana penggunaan lampu jauh dan lampu dekat.

Yang cukup menjadi masalah adalah penggunaan lampu jauh yang seringkali disepelekan dan akhirnya menjadi hal yang sangat menjengkelkan dan mengancam nyawa, terutama saat berkendara di malam hari.

Lampu jauh idealnya digunakan saat berkendara di jalan yang minim penerangan, sebagai tanda untuk menyalip pengendara di depan kita, saat melewati tikungan yang tertutup pepohonan/gedung untuk peringatan bagi pengendara dari arah sebaliknya agar berhati-hati, dan sebagainya.

download

Kenyataannya, lampu jauh ini kebanyakan digunakan secara sembrono, bahkan dihidupkan saat melalui jalanan ramai lalu lintas dengan penerangan yang terbilang cukup terang.

Selain rasa jengkel dan silau yang diterima pengendara lain, penggunaan lampu jauh yang sembarangan ini juga dapat berujung pada kecelakaan, terutama bagi penderita astigmatisme atau mata silinder.

Penderita astigmatisme dapat kehilanganan pandangannya secara total ketika dihadapkan pada cahaya dari lampu jauh di malam hari. Kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan tentu semakin tinggi, apalagi dengan fakta bahwa satu dari tiga orang di dunia ini menderita astigmatisme, seperti yang dikutip dari wikip

Jadi, yuk lebih bijak dan perhatikan etika dalam berkendara, terutama penggunaan lampu jauh! Mau sorot lampu-mu jadi penyebab kecelakaan?

(arp)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *