Awas! Ada ‘No Nos’ di Organisasi

Bimantoro Kushari

MBTI 2011

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Apa yang dimaksud No Nos? No Nos berasal dari kata ‘No’ dan ‘No’. No diartikan sebagai konotasi yang negatif. Secara sederhana, No Nos adalah si pembangkang dalam organisasi. Pemimpin meminta followers untuk bekerja dalam tim, maka No Nos akan bekerja sendiri. Pemimpin menuntut kolaborasi, maka No Nos akan berusaha bersinar sendiri.

2015-04-22_08-07-41Ilustrasi : keributan organisasi akibat No Nos

Mengapa No Nos begitu berbahaya?

No Nos adalah karat dalam besi dan logam. No Nos adalah jamur dalam sebuah roti. Organisasi yang stabil, dapat hancur seketika karena konflik yang dibuat olah No Nos. Dalam pengalaman saya, No Nos dapat membuat organisasi menjadi tidak nyaman untuk ditempati. Hal ini terjadi karena No Nos selalu mementingkan kepentingannya sendiri.

Bagaimana mengatasi No Nos yang sudah benar-benar mengganggu organisasi?

  1. Berikan kesibukan di luar

Opsi ini (beri kesibukan di luar) dapat digunakan jika No Nos, mempunyai peran yang strategis, serta memiliki kompetensi yang baik dalam bekerja. Namun ia berusaha bersinar sendirian dengan menjatuhkan citra rekan-rekan kerjanya. Ia ingin menjadi matahari di malam hari.

Kesibukan di luar dapat membuat No Nos tidak memiliki banyak waktu dalam organisasi. Beberapa organisasi menugaskan No Nos sebagai pencari informasi di luar agar fokusnya teralihkan untuk eksternal organisasi. Ada juga organisasi yang menyekolahkan No Nos-nya di luar negeri. Selain memberikan No Nos kesibukan untuk belajar, organisasi juga berharap perilaku No Nos akan membaik dengan memberikannya pendidikan.

  1. Berikan peran penting di dalam Organisasi, namun jangan sebagai pengambil keputusan

Opsi ini dapat dipilih saat No Nos merupakan orang yang sangat senior dan menyimpan beberapa rahasia/data penting organisasi. Ingat, menjadi No Nos tidak terbatasi oleh umur.

Beberapa organisasi memiliki dewan penasihat atau dewan kehormatan. No Nos yang berstatus senior di organisasi, akan sangat efektif jika ditempatkan di sini (Dewan penasihat).

Mengapa?

No Nos akan memiliki ruang untuk berpendapat dan mengkritik organisasi. Namun kritik dan pendapatnya itu tidak akan mengubah wajah organisasi karena No Nos tidak memiliki hak untuk mengambil keputusan ataupun mengambil kebijakan.

Pemimpin organisasi juga akan lebih tenang dalam menjalankan organisasi. No Nos tidak akan mengganggu karena telah diberi peran sebagai penasihat. Selain itu saran dari No Nos tidak mungkin buruk seluruhnya. Pasti ada saran baik yang dapat diadaptasi oleh pemimpin menjadi sebuah kebijakan organisasi.

  1. Ikat No Nos dengan peraturan

Organisasi tentulah memiliki SOP kerja. Buatlah SOP kerja seketat mungkin agar pembangkangan No Nos dapat terminimalisir.

Lakukanlah opsi ini, saat No Nos tidak memiliki peran penting, namun anda sangat yakin No Nos adalah orang yang potensial untuk menjadi lebih baik.

  1. Kick Out

Peraturan sudah dibuat, namun dilanggar. Kesibukan di luar sudah diberikan, namun tidak ada perubahan sikap. Jangan pernah takut mengeluarkan No Nos dari organisasi saat keberadaannya terus-menerus mengganggu organisasi.

Lebih baik anda mencari SDM yang belum memiliki skill,  namun memiliki semangat belajar. Daripada mempertahankan SDM yang berkualitas namun merusak organisasi. Prinsipnya seperti ini :

Lebih baik mendidik orang dari 0, daripada mendidik orang dari-1

Sebelum menjalankan semua solusi yang saya paparkan di atas, pemimpin organisasi harus memiliki niatan untuk merangkul seluruh followers-nya. Baik yang No Nos maupun yang tidak. Pemimpin yang down to earthmemiliki kemampuan untuk  memahami keinginan para followers-nya.Jika pemimpin sudah memiliki sifat down to earth,  maka munculnya No Nos tidak akan mengganggu organisasi.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *