Asyiknya Jadi Anak Ilmu Komunikasi

Samarinda, Students Tel-U – Perkembangan pesat teknologi dan media massa membuat jurusan ilmu komunikasi menjadi favorit saat ini. Jurusan ilmu komunikasi atau Ikom kini mulai banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Tentunya Ikom Telkom University pun menjadi pilihan favortit camaba.

Nah, kamu tentu penasaran dong gimana jadi mahasiswa ikom pas masuk nanti? Daripada kudet, mending simak yuk artikel di bawah ini.

1. Horeee enggak pakai seragam!

Asyiknya anak ikom itu diperbolehkan tidak mengenakan seragam putih-rok hitam lho. Kita boleh pake baju bebas asalkan sopan dan berkerah ya. Terus boleh pake celana jeans juga. Eits tapi kalo celana jeans yang robek-robek bakal dikeluarin oleh dosen lho. Dan tentunya kamu harus pakai sepatu biar terlihat rapi yaa

2. Marcomm vs Broadcast

Pada semester ketiga jurusan Ikom bakal ada pemilihan konsentrasi nih. Ada yang ke marketing communication atau marcomm dimana fokus mempelajari marketing, human resource, public relation dsb.

Atau ke broadcast dimana fokus pada bidang penyiaran, perfilman, penyutradaraan. Cocok banget buat kamu yang pingin jadi announcer atau bekerja di belakang layar. Baik marcomm maupun broadcast nanti lulusannya tetap akan mendapatkan Sarjana Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom.

Jadi, kamu mau ambil yang mana nih?

3. Lab kampusnya lengkap!

Nah, fasilitas buat mahasiswa ikom cukup memadai loh. Di kampus tercinta di FKB, kita punya lab broadcast atau lab penyiaran yang biasanya digunakan buat pembelajaran matkul broadcast. Lab broadcastnya gak kalah keren dari studio tv lho.

Lab Broadcast di Fakultas Komunikasi dan Bisnis | Sumber : bcomms.telkomuniversity.ac.id

Terus ada lab radio yang canggih dan juga kece banget. Ada juga nih lab fotografi yang dipakai sebagai studio foto. Terakhir, kita punya lab komputer yang fungsinya untuk belajar lebih banyak mengenai software komputer.

Gimana, mantap banget kan?

4. Anak Ikom = aktif

Gak cuma dikenal dengan gudangnya anak ‘hits’, tapi anak Ikom juga dikenal aktif lhoo. Sudah tahu kan tadi lab di Ikom apa saja? Nah, lab tersebut itu tidak bisa digunakan seenaknya saja. Hanya saat matkul tertentu yg bisa menggunakannya. Atau anggota club yang bersangkutan.

Ngomong-ngomong club, di Ikom ada berbagai club yang mungkin cocok buat kamu nih. Ada Ikom Channel yang fokus pada broadcast tv. Ada Ready Radio yaitu radio hits anak ikom niih. Ada juga komunitas fotografi¬† atau KOFI, gudangnya anak-anak penuh kreatifitas. Ada juga ICT Club yang isinya anak-anak yang jago ‘ngoprek’ software dan yang terbaru yaitu club LOKATARA yang bergerak di bidang jurnalistik dan kesastraan.

salah satu club di Ikom adalah Ready Radio

salah satu club Ikom-Ready Radio

Anak ikom juga gak kalah aktif mengikuti perlombaan-perlombaan juga lho baik itu skala regional, nasional, dan internasional. Mau ikut organisasi ? Di ikom ada yang himpunan mahasiswa atau HIMA ikom, BEM FKB dan DPM FKB loh. Daripada jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’, mendingan ikutan lomba, club atau organisasi yuk.

5. Spot favorit anak ikom

Pasti bete banget kalo nunggu break matkul selanjutnya kan? Udah lama, panas lagi diluar sana. Biasanya nih anak ikom itu punya spot favorit loh.

Ada retail preneur lab atau biasa disebut RPL yang terletak di lantai 1. Tempatnya seperti koperasi kecil yang menjual berbagai macam cemilan juga alat tulis. Ada juga beberapa produk mahasiswa loh yang dijual di sini. Tempatnya enak banget buat nunggu break sambil duduk-duduk di kursi yang tersedia di RPL.

Perayaan ulang tahun FKB ke-2 di RPL | Sumber : scb.telkomuniversity.ac.id

Selanjutnya, lobby lenovo yang menjadi spot yang rame di FKB. Terletak gak jauh dari RPL, di sini kita bisa lesehan serta bisa berwifi-ria tanpa takut baterai laptop atau hape habis karena di setiap sudut tersedia stop kontak. Terakhir, ada kantin FKB yang berada di belakang kampus, lebih tepatnya di belakang gedung dekanat FKB-FEB. Buat kamu yang kelaparan atau belum sarapan, mending mampir dulu ya ke kantin.

Gimana, asyik kan jadi anak ikom? Gak bakal nyesel deh jadi anak Ikom. Selamat menjadi bagian dari Ikom ya. Salam merah merona! (AUD)

Keyword(s) : , , , ,

Komentar

  • Muhammad Haidy Zulfikar

    Ada satu hal yang ketinggalan, serunya kekeluargaan hima ikom dan acara acaranya hehehe

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *