fi aspirasi asrama

Aspirasi Tingkat Kepuasan Asrama Universitas Telkom Periode 2016/2017

DPM Tel-U, Bandung – Bagi mahasiswa/i tingkat pertama, Universitas Telkom menyediakan fasilitas asrama yang tidak hanya sekedar menjadi tempat tinggal, namun juga sebagai tempat untuk mengasah soft skill dari mahasiswa/i Universitas Telkom. Maka dari itu, DPM Kema Tel-U mengadakan penelitian yang berfokus kepada tingkat kepuasan penghuni terhadap fasilitas maupun layanan yang disediakan pada asrama pada periode 2016/2017.

Dalam sebuah penelitian, Roscoe (1975 dalam Indrawan dan Yaniawati, 2014:102) menjelaskan bahwa jumlah sampel yang tepat adalah antara 30 dan 500. Frankel dan Wallen (1993 dalam Indrawan dan Yaniawati, 2014:103) juga menyarankan jumlah minimal dalam sampel penelitian adalah sebanyak 100. Maka dari itu, DPM Kema Tel-U dibantu Senior Residence asrama telah menyebarkan kuesioner dan mendapat 159 responden, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan agar data penelitian ini menjadi valid. Adapun hasil yang didapat dari kuesioner yang telah disebarkan adalah sebagai berikut :

Dapat dilihat bahwa menurut responden penelitian, ada beberapa hal yang memerlukan pembenahan pada asrama Universitas Telkom seperti pada fasilitas air dan juga wifi untuk mengakses internet. Kedua hal tersebut sangat krusial dalam menunjang kegiatan di asrama, seperti untuk mandi dan juga mengerjakan tugas. Selain itu, mayoritas responden juga menyarankan untuk membenahi fasilitas tempat ibadah (mushola), dan juga pengadaan ATM karena ATM yang sudah ada pada Universitas Telkom letaknya dirasakan terlalu jauh oleh penghuni asrama.

penyampaian aspirasi asrama

Harapan dari terlaksananya serta disampaikannya hasil penelitian ini dapat menjadi tolok ukur kualitas dari pelayanan serta fasilitas yang dimiliki, dan semoga untuk ke depannya asrama Universitas Telkom dapat menjadi semakin baik, demi menunjang tercapainya visi Universitas Telkom untuk menjadi “World Class University“.

(DPM/Mfc)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *