Asah Kemampuan Berbahasamu via Student English Society (SES)

Tasikmalaya, Students Tel-U –  Students English Society atau yang lebih sering kita sebut SES, merupakan ukm yang berfokus pada kompetisi dan bergerak dalam kegiatan-kegiatan yang menggunakan bahasa inggris. UKM ini membantu anggotannya melatih dan mempertajam kemampuan berbahasa Inggris yang dibantu oleh senior-senior yang berpengalaman.

Pada awalnya UKM yang bergerak dalam bidang Bahasa Inggris ini telah ada di empat institusi pendidikan tinggi Telkom dengan nama yang berbeda, yaitu Students English Club (SEC IT Telkom), Students English Forum (SEF IM Telkom), English Club (EC STISI Telkom), dan Students English Community (SEC Politeknik Telkom). Seiring tergabungnya keempat institusi tersebut menjadi Telkom University, maka SES (Students English Society) pun berdiri pada 14 Desember 2013 sebagai satu kesatuan bagi UKM bidang Bahasa Inggris yang awalnya terpisah-pisah tersebut.

Dalam melatih dan mempertajam kemampuan para anggotanya dalam bahasa inggris UKM SES memiliki 6 divisi didalamnya yaitu :

  1. Divisi Debate

Divisi ini adalah tempat yang tepat buat kamu yang pintar berbicara dan berpikir kritis pada sebuah   permasalahan. Disini, kamu bisa menuangkan pemikiranmu di meja debat serta menambah luas wawasanmu tentang berbagai isu yang terjadi di masyarakat. Tim dari divisi debate mengikuti kompetisi tahunan seperti ALSA Unpad, ALSA UI, AEO, dan NUDC. Berikut beberapa prestasi yang berhasil diraih tim debat SES Telkom University :

  • Juara 2 Debate Competition by TBI English Challange 2015
  • Berhasil melaju ke tingkat nasional debate NUDC 2016

    2.  Divisi Speech

Bagi kamu yang nyaman berbicara di depan banyak orang dengan bahasa Inggris, maka kamu terlahir untuk bergabung ke divisi Speech. Disini dilatih untuk bisa merangkai kata yang tepat agar mampu menyampaikan informasi yang kamu berikan. Ide pemikiran yang kamu miliki bisa kamu tuangkan lewat kata-kata dan manner yang tepat. Tim Speech SES juga pernah meraih juara 1 Speech Competition by ALSA UNPAD serta juara 2 Speech Competition di LSPR Jakarta 2016.

     3.  Divisi Newscast

Divisi ini cocok buat kamu yang tertarik dengan dunia broadcast. Newcasting memberikan pelatihan untuk dapat tampil pede menjadi pembaca berita yang baik di depan banyak orang. Pada divisi tersebut SES pernah menjadi Grand Finalist pada ALSA UNPAD 2015 (Newscasting)

      4. Divisi Scrabble

Kabar baik buat kamu yang senang dengan permainan, karena SES menyediakan tempat kamu buat bermain tepatnya divisi Scrabble. Permainan membentuk kata dalam bahasa Inggris ini tidak hanya menyenangkan tapi juga menantang karena kamu harus mendapatkan skor sebanyak-banyaknya lewat huruf-huruf acak yang kamu yang harus kamu susun menjadi sebuah kata. Pada Divisi Scrabble, SES berhasil meraih peringkat 1 dan 2 pada ajang ASNC (Annual SAEED National Competition) 2015 bulan Mei lalu.

       5. Divisi Story Telling

Divisi ini cocok bagi kamu para pendongeng, imajinatif dan berpikir out-of-the box. di sini kamu bisa tuangkan semua imajinasi kamu yang akan kamu ceritakan dalama bahasa Inggris, dan tak lupa bagi kamu yang sangat ekspresif kamu juga bergabung didivisi ini. Untuk divisi Story Telling SES berpartisipasi dalam Asian English Olympics 2015 yang diselenggarakan oleh Bina Nusantara University dan semua berhasil melaju ke Octofinal

6.  Divisi Movie Making

Divisi ini sangat tepat untuk kamu yang tertarik pada dunia film. Disini kamu diajarkan bagaimana menjadi editor film dan kameramen yang baik.

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan rutin, maupun program kerja yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

• Weekly training
• Kompetisi
• UKM Fair
• Open Recruitment
• Open Mind
• Close Recruitment
• Interview
• Final Test
• Coconut
• Makrab
• Inagurasi
• Telkom Annual Competition of English (T-ACES)

Selain itu ada pula SES Charity yang mengadakan penggalangan dana setiap tahun untuk vmembantu panti asuhan di Bandung. Open recruitment will be held on August 2016. Join us and follow up our socmed to get further information!

Contact :

Shabrina (081293217290)
Renata (08561927747)

Line :  @onv6671r
Twitter : @SESTELKOMUNIV
Email : ses.telkomuniv@gmail.com

(MAP)

Keyword(s) : , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *