Apps ‘Tombol Panik’ Bodyguard Mini, Pencegah Kejahatan

aplikasi-tombol-panik-dalam-handphoneApps ‘Tombol Panik’ | Sumber gambar : twitter/ridwankamil

Akhir-akhir ini “begal” sedang populer diperkotaan besar di Indonesia, salah satunya adalah kota Bandung. Perampasan dengan kekerasan itu kerap sadis, bukan hanya motor yang hilang, nyawapun melayang. Kita sebagai masyarakat Bandung pastilah khawatir dan tidak nyaman akan pemberitaan kasus begal motor yang terjadi saat ini.

Banyaknya berita atau broadcast mengenai kasus begal motor membuat para masyarakat resah, bahkan tidak berani keluar pada malam hari lebih dari jam 22.00 WIB. Hal tersebut menghambat kegiatan masyarakat khususnya mereka yang harus beraktivitas dan berkendara pada malam hari.

Kehebohan kasus pembegalan ini memancing perhatian Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk mencari solusinya. Lewat akun twitternya, Ridwan Kamil @ridwankamil menyatakan bahwa kini tersedia aplikasi yang memungkinkan warga kota Bandung dapat melapor secara cepat atas kejadian-kejadian darurat untuk segera mendapatkan pertolongan, terwujud.

“apps ‘tombol panik’ darurat Bdg dari Telkom. bisa pijat layar/antene kecil. Terkonek ke Command Center. Launch bln dpn”. Twitt Ridwan Kamil (09/02/2015).

Tombol panik berupa aplikasi diponsel pintar, sehingga ketika dalam situasi darurat bisa menekan tombol tersebut dan langsung terdeteksi di Bandung Command Center. Tombol yang akan launching pada bulan April 2015 ini, memiliki cara kerja dengan menimbulkan bunyi sirine dipolsek terdekat.

Sehingga polisi yang sedang piket dapat dengan cepat menanganinya. Serine tidak akan berhenti sampai ada petugas yang merespon. Bentuknya yang mini juga, membuat mudah untuk dibawa kemanapun. Teknologi tombol panik ini telah digunkan di sejumlah negara. Tombol panik ini dinilai sangat berpengaruh dalam menekan angka kriminalitas. (may)

 Ditulis oleh : Melati A. Yumikosari

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *