Aplikasikan Teknik Freehand Drawing, Mahasiswa FIK Juara Lomba Sketsa Menpora

Bandung, TEL-U-Ganesha Wibisana, mahasiswa Program Studi Disain Interior Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University (Tel-U) April lalu mengikuti lomba sketsa dan berhasil menduduki juara 1. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Menpora dan Ikatan mahasiswa Arsitektur Jabar & Bandung Heritage dalam rangka Peringatan Bandung Lautan Api.

“Karena lomba sketsa ini diadakan untuk memperingati Bandung Lautan Api, objek monumen perjuangan rakyat Jawa Barat dipilih dalam tema sketsa. Monumen ini merupakan stilasi dari sebuah bentuk perjuangan rakyat jawa Barat pada peristiwa Bandung lautan api, ” kata Ganesha, Senin (4/5).

Dalam pembuatannya, Ganesha menggunakan teknik freehand drawing. Menurutnya, teknik pembuatan sketsa sangat sederhana hanya dengan memadukan berbagai alat / media gambar yaitu drawing pen, marker, dan pensil dengan memadukan teknik arsir dari berbagai media itu. Kekuatan sketsa tergantung pada proporsi dalam gambar dan pemilihan angel sketsa yang tepat. Sehingga suasana dan objek yang ditonjolkan dalam sketsa menjadi terlihat proporsional.

Bagi Ganesha, tak ada kendala apapun saat mengikuti lomba. Namun ia mengakui, peserta lomba saat itu memiliki skill gambar dan sketsa yang bagus.

Selain Lomba Sketsa Menpora, Ganesha juga berprestasi di lomba sketsa “Uniknya Kotaku” yang diselenggarakan oleh Faber Castel dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung dan meraih Juara 2. “Sangat senang mengikuti kompetisi sketsa. Bukan soal hadiahnya, tapi menjadi sebuah kepuasan tersendiri ketika sketsa karya kita bisa diapresiasi oleh banyak orang, ” kata Ganesha.

Karena itu, selain aktif mengikuti lomba, ia giat mengikuti pameran sketsa. Karya miliknya pernah dipamerkan di beberapa event seperti pameran sketsa nasional bersama Faber Castel Indonesia di Galeri Nasional Jakarta, dan pameran sketsa bersama Bandung Sketchwalk di Indonesia Drawing Festival di Gedung Gas Negara, Jalan Braga Bandung. (purel)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *