Aplikasi Jejaring Sosial ‘Community Service’ Telkom University

Bandung, Students Tel-U – Pada hari Senin (06/04) Divisi Riset dan Pengembangan Sistem Informasi (Risbangsi) Telkom University meluncurkan sebuah aplikasi bertema “Jejaring Sosial” bernama “Community Service”. Aplikasi ini hingga tulisan ini dibuat masih dalam tahap ‘Beta’.

Aplikasi ini bertujuan untuk menghubungan civitas academica Telkom University berinteraksi satu sama lain dan memudahkan alur komunikasi dan informasi menjadi lebih efisien. mahasiswa, dosen dan Staf Telkom University dapat memakai aplikasi ini dengan syarat memiliki akun Single Sign-On Telkom University.

Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur sebagai berikut :

  • Contact
    Tampilan Menu Kontak

    Tampilan Menu Kontak

    Menunjukkan Contact yang telah ditambahkan sebelumnya. Pengguna dapat menambahkan contact dengan cara menginput username SSO.

  • Chat

    chatting 2

    Tampilan menu Chatting

    Fitur Percakapan layaknya aplikasi Social Chatting pada umumnya. Pengguna dapat melampirkan file berjenis gambar (jpg, png). Pada pengembangan selanjutnya pengguna dapat melampirkan file berjenis Video dengan durasi yang singkat.

  • Whats Up

    status user

    Tampilan Menu Whatsup

    Menampilkan status pengguna beserta Contact. Status pengguna dapat diubah pada halaman depan aplikasi dengan mengklik Kolom ‘Hitam’ di bawah ‘Nama Pengguna’

  • Campus Info
    tampilan menu Tel-U Info

    tampilan menu Tel-U Info

    Berisi Informasi seputar Telkom University. Informasi ini terintegrasi juga dengan Informasi pada halaman muka iGracias-Tel-U

  • Settings
    Menu untuk Pengaturan Aplikasi sesuai keinginan pengguna.
Aplikasi ini masih dalam tahap Beta. Dalam waktu kedepan akan terdapat Fitur Rekomendasi Teman pada bagian Kontak dan Penyempurnaan Fitur Chatting khususnya untuk Group Chat- Hilfan Soeltansyah, SE | Asisten manajer Riset dan Inovasi Teknologi Informasi

Aplikasi ini untuk sementara hanya dapat dipakai pada Sistem Operasi Android. Hal ini dikarenakan 80% pengakses iGracias melalui perangkat mobile, Sistem Operasi yang dipakai adalah Android. Namun tidak menutup kemungkinan pada pengembangan berikutnya, Sistem Operasi lain seperti iOS dan Windows Phone dapat menggunakan Aplikasi ini.

Kami masih memerlukan ‘Feedback’ dari rekan-rekan Mahasiswa. Feedback tersebut dapat dikirimkan melalui email maupun Ulasan pada Play Store Google.- Hilfan Soeltansyah, SE | Asisten manajer Riset dan Inovasi Teknologi Informasi

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Saran dan Komentar teman-teman sangat dibutuhkan untuk pengembangan Aplikasi ‘Community Service’ untuk lebih baik kedepannya. Grand Launching akan dilakukan ketika Aplikasi sudah pada Stable Version dan sudah dapat digunakan secara baik oleh pengguna. (ir)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *