Apa yang Baru di Windows 10?
Apa yang Baru di Windows 10?

Apa yang Baru di Windows 10?

Bandung, Students Tel-U – Windows 10 versi publik rilis sudah dapat diunduh sejak tanggal 29, Juli 2015 oleh pengguna yang sudah mendaftar atau belum untuk mendapatkan upgrade secara gratis, pengguna juga diberikan pilihan untuk upgrade langsung atau menjadikan media file download windows 10 untuk disimpan pada DVD/Flashdisk yang akan digunakan untuk melakukan installasi dari awal dengan memformat versi windows yang sebelumnya digunakan.

Saya sudah menggunakan windows 10 sejak build pertama Technical Preview dan sekarang sudah 7 hari menikmati windows 10 versi publik, tampilan terlihat lebih bagus dan memanjakan mata dengan animasi visual yang diterapkan pada windows, sedangkan untuk kinerja bisa dikatakan terasa lebih ringan, khususnya dilaptop keluaran lama (dell Inspiron n4050) yang saya gunakan. Hal yang sangat saya sukai pada versi windows ini adalah icon baru yang lebih flat dan rapih, coba perhatikan icon pada windows 8/8.1 ada beberapa icon yang terlihat tidak sempurna. Penasaran? Berikut beberapa fitur baru windows 10

Start Menu

Start menu windows 10

Start menu windows 10

Akhirnya Microsoft mengembalikan start menu seperti sebelumnya (thanks God). Kini kita dapat mengatur bagaimana bentuk start menu sesuai keinginan dengan mengubahnya secara horizontal, vertical, atau full seperti windows 8/8.1.
Tidak ada yang dikurangi, tidak ada yang ditambahkan, hanya penyesuaian dari versi start menu sebelumnya. Simple but powerfull, right?

Action Center

Action Center Windows 10

Action Center Windows 10

Pernah melewatkan atau bahkan kehilangan notifikasi di windows 8/8.1? jangan khawatir, windows 10 akan menyimpan semua notifikasi yang belum kita buka pada action center. Layaknya sistem operasi pada smartphone, action center windows 10 pun mempunyai quick action yang dapat kita atur.

File Explorer

File Explorer Windows 10

File Explorer Windows 10

This PC bukan lagi tampilan utama file explorer, bagi saya quick access lebih efektif karena menampilkan file/folder yang terakhir kita gunakan. Jika tidak suka, kita dapat mengganti quick access dengan This PC.

Workspace

Workspace Windows 10

Workspace Windows 10

Senang membuka aplikasi secara bersamaan saat menggunakanya? setelah sebelumnya windows 8/8.1 hanya mendukung 3 aplikasi (2 pada dekstop, 1 pada metro apps) Windows 10 mempunyai fitur desktop grid yang dapat membawa 4 aplikasi berada dalam satu desktop. Fitur ini sangat berguna ketika kita ingin melakukan kegiatan atau sekedar memonitor aplikasi yang saling berkaitan secara bersamaan.

Virtual Desktop

Virtual Desktop Windows 10

Virtual Desktop Windows 10

Pengguna Linux atau MacOS? Pasti sudah biasa dengan fitur ini. Microsoft akhirnya menerapkan fitur virtual desktop pada windows 10, dengan ini kita dapat membagi desktop untuk pekerjaan, bermain, dan multimedia tanpa menggangu aktifitas di dekstop yang lain.

Battery Saver

Battery Saver Windows 10

Battery Saver Windows 10

Pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Guna memperpanjang waktu baterai, battery saver membatasi aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Kita bisa mengatur aplikasi mana yang diizinkan untuk tetap bekerja dilatar belakang pada saat battery saver diaktifkan.

Control Panel

Modern Control Panel Windows 10

Modern Control Panel Windows 10

Microsoft telah mengganti control panel dengan konsep modern metro mereka, namun control panel versi lama juga masih dapat diakses dan tentu nya dengan pilihan setting yang lebih banyak.

Masih ada beberapa fitur baru, namun tidak dapat penulis coba karena keterbatasan dukungan software & hardware, seperti Holo dan Xbox. Nanti kan ulasan selanjutnya tentang Cortana, Phone Companion dan Microsoft Edge yang akan saya bahas diartikel selanjutnya. Bagaimana? Tertarik untuk upgrade windows 10? Kecewa dengan windows 8/8.1? kalau begitu ayo segera lakukan upgrade ke windows 10! (md)

N.b download/upgrade memang gratis, namun aktivasi tetap harus menggunakan lisensi asli yang terdapat pada dvd/box windows yang kalian beli sebelumnya.

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *