Apa Itu Pemira Telkom University?

Bandung, Students Tel-U – Pesta demokrasi akhirnya kembali hadir! Seluruh mahasiswa berbondong-bondong mengeluarkan hak suara untuk memilih Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam Pemira (baca juga : Yuk Kenalan dengan Capresma dan Cawapresma Telkom University). Tetapi sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui tentang Pemira.

Pemira atau Pemilihan Raya adalah sebuah mekanisme penyaluran aspirasi mahasiswa Telkom University melalui pemungutan suara. Mekanisme ini dilaksanakan setiap tahun untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa serta anggota DPM Independen.

Tak hanya diselenggarakan di Keluarga Mahasiswa (Kema) saja namun Pemira juga dilaksanakan di BEM Fakultas untuk memilih Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur. Dalam pelaksanaan Pemira dikelola dan diselenggarakan oleh badan independen yaitu BPR dan KPR yang dibagi tingkatannya untuk tingkat Kema dan Fakultas.

BPR Kema Tel-U atau Badan Pengawasan Pemira adalah lembaga independen yang mengawasi penyelenggaraan Pemira. Ada beberapa tugas yang dilakukan oleh BPR yaitu :

Foto: OA Pemira 2017

  • Mengawasi berlangsungnya Pemira dari awal sampai akhir
  • Menerima laporan kecurangan
  • Menindaklanjuti laporan yang diterima
  • Menetapkan sanksi
  • Mengawasi dan mendampingi kinerja dari KPR

Menurut Krisna Ardhi selaku Ketua BPR Kema Tel-U 2017 mengatakan bahwa mahasiswa bisa mengajukan laporan kecurangan melalui form kecurangan yang dirilis oleh BPR Kema Tel-U. Laporan kecurangan tersebut akan ditindaklanjuti selama 8 hari. Untuk 3 hari pertama akan dipertimbangkan lalu dilanjutkan selama 5 hari untuk diselediki mencari bukti-bukti. Pelaporan kecurangan bisa dilakukan hingga sebelum 6 sore di hari perhitungan suara terbuka.

Sementara KPR Kema Tel-U atau Komisi Penyelenggaraan Pemira adalah lembaga penyelenggara Pemira dan Kongres Kema Tel-U (Sidang Umum) yang bersifat independen. Dalam hal ini, KPR mengatur semua regulasi kampanye yang meliputi kampanye tertulis, elektronik, monologis dan dialogis yang sudah ditentukan waktu dan tempatnya. Selain itu, KPR juga yang melakukan penyelenggaraan perhitungan suara yang dibantu oleh saksi dan BPR di tempat dan waktu yang telah ditentukan.

Jika ingin mengetahui informasi timeline pelaksanaan Pemira atau mengajukan pertanyaan bisa melalui Official Account BPR Tel-U (@wvc6186a) dan Official Account Pemira (@flg0082d) atau mendatangi Sekre Pemira di KU3.01.04. Kalian bisa juga mengunduh Peraturan Pemira 2017 di sini.

Mari kita menjaga dan meramaikan pesta demokrasi terbesar di Telkom University dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi. Menjadi apatis tidak akan mengubah kampusmu.

Salurkan hak suaramu demi Telkom University lebih baik!

(AUD)
Sumber  : Offical Account Pemira dan BPR Tel-U

Keyword(s) : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *