Android 6.0 Resmi Bernama ‘Marshmallow’

Bandung, Students Tel-U Setelah lama menunggu Android untuk meresmikan nama generasi terbarunya, yang sebelumnya diprediksi dengan nama Android M, Milkshake, Muffin, Moon Pie, bahkan M&M akhirnya meresmikan dengan nama Android Marshmallow untuk 6.0 ini.

Google memang terbisa menggunakan nama hidangan penutup ataupun hidangan yang manis untuk julukan sistem operasi Android-nya, Android juga dikenal menggunakan abjad untuk menamakan sistem operasinya seperti Cupcake, Donut, Eclair, Honeycomb, Ice Cream Sandwich hingga Marshmallow.

Nama Android 6.0 ini terungkap saat Vice President of Engineering Android, Dave Burke mengunggah foto patung Android yang biasanya dibuat khas sesuai dengan tema yang sedang diusung memegang marshmallow didepan gedung Google.

Patung Android memegang Marsmallow

Android Marshmallow dibekali banyak fitur seperti kemampuan untuk menghemat daya baterai, yang disebut fitur Doze yang dimana jika pengguna tidak memakai sesuatu aplikasi jangka panjang Doze akan mematikan aplikasi itu untuk menghemat daya baterai.

Android 6.0 juga membawa fitur keamanan verifikasi aplikasi sehingga pengguna bisa memilih untuk menolak atau menerima permintaan akses keamanan dari aplikasi yang dipasang ke perangkatnya.

Marshmallow juga didukung penindai sidik jari, usb tipe c dan juga fitur Chrome dengan fitur bernama Custom Tabs. Fitur ini berguna agar pengembang aplikasi bisa menyematkan halaman web dalam aplikasi mereka.

Android Marshmallow versi Developer Preview sudah tersedia bagi pengguna perangkat Nexus, Nexus 5, 6, 8, dan Nexus Player. Kabarnya Android Marshmallow ini akan datang bulan Oktober mendatang. (IRZ)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *