Akreditasi, Pacuan Menuju World Class University

Bandung, Students Tel-U – Menjadi kampus dengan akreditasi A adalah cita-cita Telkom University yang sebelumnya telah mengantongi akreditasi B saat masih menjadi Institut Teknologi Telkom. Cita-cita ini perlu dukungan juga kerja keras semua elemen untuk mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan.

Empat asesor dari BAN-PT selesai sudah melakukan kunjungan lapangan ke Telkom University pada tanggal 14 Desember hingga 15 Desember 2016 kemarin. Visitasi tersebut bertujuan untuk proses Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi yang biasanya dilakukan setiap 5 tahun setelah pendirian Institusi. Namun prestasi yang membanggakan bagi Telkom University, diusianya yang baru menginjak tahun ke-tiga sudah mampu mengajukan proses akreditasi sejak tanggal 28 Oktober 2016 kemarin.

Hari pertama kunjungan dipadati dengan proses pemeriksaan beberapa dokumen; Borang yang kurang lebih berjumlah 700 halaman dan dokumen Evaluasi Diri yang dibuat oleh manajemen Tel-U dengan format yang telah ditentukan oleh BAN-PT. Sedangkan hari kedua visitasi diisi dengan kunjungan lapangan ke beberapa lab, gedung perkuliahan, wawancara dengan mahasiswa ataupun alumni, dan lain-lain.

image_5566d45

Ada 7 poin utama yang menjadi penilaian akreditasi kali ini. Dan setiap warga Telkom memiliki peran dalam berkontribusi untuk pemenuhan ketujuh elemen tersebut. Proses Akreditasi Institusi ini juga merupakan sebuah pacuan untuk Telkom University menuju visinya menjadi World Class University 2017.

Hasil dari visitasi kemarin akan diumumkan setelah sidang penetapan yang dilakukan oleh BAN-PT selesai. Selagi menunggu hasil sidang penetapan, Wakil Rektor I menghimbau kepada seluruh civitas Telkom untuk turut mendoakan terhadap semua usaha yang telah dikerahkan selama ini. Apapun keputusannya nanti, tidak untuk dijumawai atau disesali. Tetapi harus bisa menjadi sebuah refleksi diri yang bisa membawa energi positif untuk perbaikan kampus kedepannya. (Aul/Aci)

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *