71 Tahun Indonesia Merdeka, Apa yang Sudah Kita Beri?

Karanganyar, Students Tel-U – Hari ini negeri kita tepat berulang tahun ke-71, untuk usia manusia memang boleh dikata sudah cukup tua namun bila dibandingkan dengan negeri-negeri lain di dunia, Indonesia masih cukup muda meski bukan yang termuda seperti Sudan Selatan.

Tentu kita sudah hafal betul bagaimana kemerdekaan direbut oleh para pahlawan Republik ini dari tangan penjajah, bukan hanya satu melainkan dua atau tiga bila Inggris dihitung atau empat bila Perancis juga dihitung meski tidak menjajah secara langsung. Perjuangan yang dilakukan tanpa pamrih dan tanpa mengharap imbalan apapun dilakukan oleh para pahlawan hingga akhirnya kemerdekaan Indonesia secara De Facto diraih pada Jumat, 17 Agustus 1945 Masehi.

Sebagai pemuda yang terdidik, setidaknya sudah menamatkan pendidikan tingkat atas, kontribusi dari pemuda Indonesia sangat diperlukan. Apalagi kita yang tengah menempuh pendidikan di tingkat tinggi, apa yang dapat kita berikan kepada Indonesia? Sederhananya sebagai mahasiswa yang dapat kita berikan adalah belajar dengan benar, berorganisasi dan mengabdi kepada masyarakat.

Pemuda terdidik, ya, kita memang pemuda yang beruntung dapat mengenyam pendidikan tinggi, pendidikan yang didamba oleh banyak orang yang tidak bisa berada di posisi kita sekarang ini. Namun, akui sajalah kita masih membuang sampah sembarangan, enggan untuk antre dan masih sering apatis, ironis. Ironis karena kita yang sedari kecil ditanamkan untuk melakukan hal-hal yang sepele dengan benar namun hingga 12 tahun pendidikan yang telah kita tempuh, kita masih tidak bisa melakukannya.

Tinggalkan sebentar cita-cita besar untuk mengubah diri sendiri, jadikan diri sendiri menjadi pemuda yang cerdas, beretiket, dan bermental baja. Dengan begitu kita dapat berkontribusi lebih maksimal kepada Indonesia melalui bidang yang kita geluti masing-masing.(HRR)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *