6 HAL YANG WAJIB MAHASISWA PAHAMI

Tasikmalaya, Students Tel-U –  Memang menjadi suatu kebanggan sendiri maupun bagi orang tua kita berhasil meneruskan pendidikan ke bangku kuliah. Dengan menyandang gelar mahasiswa juga menyadarkan bahwa kita sudah tumbuh dewasa. Tapi bukan berarti ‘dewasa’ dapat membuat kita bertingkah semau dan sebebas kita.

Masih banyak sekali orang yang beranggapan menjadi ‘dewasa’ berarti kita bebas menentukan jalan hidup kita. Namun dibalik itu semua, ada tanggungjawab dari setiap jalan yang kita pilih. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan sampai kita berada di jalan yang salah.
Terutama buat adik-adik yang akan memasuki tahun pertama kuliah, mungkin kamu akan sedikit kebingungan dengan dunia baru yaitu dunia perkuliahan. Namun tidak perlu khawatir, karena dunia perkuliahan tidak sekejam yang sering orang gambarkan, apalagi jika kita mengikuti beberapa petuah berikut ini.

1. Disiplin
Mungkin kalian bosan dengan kata ‘Disiplin’ tapi percayalah kedisiplinan merupakan kata kunci dari kesuksesan kamu. Utamanya disiplin dalam hal waktu seperti tidak telat masuk kelas, mengumpulkan tugas dan datang ke rapat sangat berguna untuk membiasakan diri kamu untuk menghargai waktu. Taati juga peraturan yang jelas-jelas dilarang. Jangan sampai kamu berpikir “ah, mereka juga datengnya telat kok.” “gue dateng jam segini juga belum mulai kelas/rapatnya.” Saran dari penulis, biarkan saja mereka yang tidak disiplin. Dunia tidak setoleran itu.

2. Menunda Pekerjaan
Percayalah ketika kamu menunda kewajiban untuk melakukan kesenanganmu, akan ada konsekuensi yang meneror pikiranmu. Lebih baik selesaikan dulu semua tugas-tugasmu baru setelah itu kamu bisa melakukan hobimu misalnya bermain video game sepuasnya. Kesenangan yang kamu dapatkan pun akan lebih lama. Ibaratnya bersusah-sudah dulu lalu bersenang-senang kemudian.

3. Hormati Semua Orang
Semua orang yang ada di sekitar kita SAMA. Mulai dari teman, dosen, staff kampus hingga satpam dan petugas kebersihan semua PATUT kita hormati. Sapa dan tersenyumlah ketika berpapasan. Biasakan untuk menerapkan 3S (Salam, Senyum, Sapa) dalam hidup kamu sampai kapanpun. Tidak ada ruginya untuk melakukan hal yang mudah tersebut. “Tapi kalau gak disapa balik gimana? Kan malu.” Tidak perlu mengharapkan balasan dari orang lain, mulailah bersikap positif dari diri sendiri dan perilaku tersebut akan menular ke orang lain.

4. Bijak dengan Uang
Sebagian dari kamu mungkin sudah memiliki uang sendiri dan sebagian dari kamu ada juga yang masih mendapatkan uang jajan dari orang tua. Pada intinya, darimana pun uang tersebut kamu dapat bersikaplah bijak dengan uang tersebut. Ingat masih banyak orang di luar sana yang kesulitan mencari uang hanya untuk makan. Jangan sampai kemakan gengsi. Boleh sekali untuk bersenang-senang membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang kamu senangi. Tapi jangan sampai baru saja dikirim sudah habis dan minta lagi ke orang tua.

5. Menyerah Bukan Jawaban
Seringkali kita tidak sabar dalam mencapai tujuan hingga akhirnya menyerah ketika kita gagal. Kegagalan adalah sebuah proses. Kadang kegagalan memang membuat kita malu dan merasa ‘down’, hal tersebut wajar kita rasakan sebagai seorang manusia. Tapi bukan berarti kegagalan adalah akhir dari hidup kita. Semua orang bisa berubah menjadi lebih baik. Jika kamu merasa beban yang kamu pikul terlalu berat, tidak ada salahnya kamu bercerita dengan teman. Temukanlah media yang positif untuk melampiaskan segala keluh kesahmu. Yang jelas, menyerah bukanlah sebuah jawaban. Ingatlah bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa kamu lalui.

6. Say big NO to DRUGS
Ini yang biasanya paling ditakuti orang tua kita. Mungkin kita berasal dari lingkungan yang bersih dari obat-obatan terlarang, tapi belum tentu lingkungan kita ‘bersih’. Kata ‘cobain aja dulu’ atau ‘ga ngedrug ga keren lu’ yang diucapkan oleh orang yang sudah terjerumus ke dalam dunia terlarang tersebut WAJIB kamu abaikan. Jauhi lingkungan yang tidak sehat tersebut dan sebaiknya bantu temanmu juga yang terlanjur terjebak dengan obat-obatan terlarang untuk keluar dari lingkaran setan tersebut. Kalau kata om Dave Grohl (Frotman band Foo Fighters), “Masa muda emang gak gampang, tapi drug gak bikin hidup makin mudah.”

Berikut tips-tips yang sangat berguna untuk mahasiswa. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. (MAP)

 

Keyword(s) : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *