6 Hal yang membuat mahasiswa terkena kanker (kantong kering)

Awal bulan dan baru aja nerima uang bulanan, kok sekarang udah mau habis aja sih? Padahal kan nggak punya pacar. Nggak beli apa-apa juga.  Apa jangan-jangan ada Tuyul? Apa jangan-jangan dicuri sama temen?

Apakah kamu pernah merasakan hal seperti itu? Keuangan bisa menjadi hal yang nomor satu buat mahasiswa, apalagi jika mahasiswa tersebut bukanlah warga asli dari daerah kampusnya sekarang(re :anak kost). Ya, pastinya bakal pusing kalau menghadapi akhir bulan yang sangat menyeramkan. Bahkan bisa jadi ketika akhir bulan datang dan kondisi keuangan menipis, makan tengah malam sekaligus menjadi sarapan pagi menjadi jurus handal anak kost.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti di atas, penulis akan memberikan hal-hal yang bisa bikin duit kalian cepat habis, bahkan tanpa kamu sadari.

Beli suatu barang dengan duit yang besar.

Hal ini memang sepele, tapi jika kamu menyadari bahwa jika memecahkan duit Rp. 100.000, 00 untuk membeli suatu barang yang relatif murah, maka kamu akan cepat pula untuk menghabiskan duit kembaliannya. Hasilnya, duit juga pasti lamban laun akan terasa cepat habisnya tanpa disadari.

Nongkrong

Nongkrong adalah hal yang sering di lakukan oleh para mahasiswa. Faktanya, paling enggak sekali atau dua kali seminggu pasti bakalan nongkrong di suatu tempat bersama teman-temannya. Jika sudah nongkrong, kamu pasti akan merasa malu jika memesan makanan/minuman yang murah, dan akan beralih memesan hidangan yang cukup mahal.

Parkir

Berkaitan dengan poin no.2, tempat nongkrong anak-anak muda jaman sekarang dimana yang nggak ada tukang parkirnya. Pasti ada, jika tidak mungkin sang pemilik cafe sudah memberlakukan free parkir buat langganannya. Belum lagi jika kamu pergi jalan-jalan ke mall, dan disana berlaku tarif parkir per jam-nya.

Kuota Internet HP

Anak muda jaman sekarang pasti bakalan dibilang ketinggalan zaman jika tidak bermain dan di dunia maya. Nah, hal itu akan membuat kuota internet hp kamu akan cepat habis. Apalagi jika hpkalian berjenis smartphone. Apa gunanya smartphone jika tidak memiliki kuota internet? Maka kamu mau nggak mau akan segera mengisi kuota internet segera mungkin.

Membeli Cemilan

030915_1302_HalHalYangM5.jpg

Bukan mahasiswa namanya jika tidak mempunyai banyak tugas, dan pastinya akan sering begadang buat ngerjain tugas yang sudah dikejar deadline. Nah, cemilan buat nemenin ngerjain tugas adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan.

Tugas Kuliah

030915_1302_HalHalYangM6.jpg

Ini salah satu hal yang sebenarnya nggak bisa buat dihindari. Tugas banyak dan dosen menyuruh buat dicetak. Ditambah lagi jika diminta buat dijilid/disampul.

Nah, itu adalah hal-hal yang umum yang bisa membuat mahasiswa boros. Setelah kamu membaca artikel ini, penulis berharap kamu bisa lebih baik dalam urusan mengontrol keuangan kamu. Jangan sampai kamu kalang kabut menghadapi tanggal tua nantinya. Semoga bermanfaat. (gpp/ir)

Ditulis oleh : Gustaf Pandu Pranata

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *