5 Tips Hemat Ala Anak Asrama Tel-U

Bandung, Students Tel-U – Hidup sebagai mahasiswa baru Telkom University memang bercampur aduk rasanya. Di sisi yang satu senang karena memiliki banyak teman di asrama namun di sisi lain rindu akan kampung halaman, khususnya kalian yang merantau jauh. Memang unik rasanya, ada senang dan ada susahnya. Tapi jadi anak asrama juga mendorongmu untuk mau jadi pribadi yang mandiri. Sebab kini sudah tidak ada orang tua yang selalu siap sedia membantu 24 jam lagi di sisi kamu. Salah satu tantangan terberat  menjadi anak asrama adalah menghemat anggaran uang bulanan.

Mengatur keuangan mungkin sudah dilakukan untuk menahan diri dari belanja berlebih dan tidak diperlukan. Maklum saja, mengurangi kebiasaan yang udah sering kali dilakukan itu lebih sulit daripada membalikkan telapak tangan. Tapi, tetap saja terkadang kamu tidak bisa mengontrol keinginan untuk menggunakan uang tersebut secara hemat. Berikut ini ada beberapa tips cara makan hemat anak asrama Tel-U yang bisa diterapkan dengan mudah.

1. Makan di warung yang sederhana
Ketika kamu baru saja menjadi anak asrama, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah mengenali warung warung sederhana yang menjual makanan makanan dengan harga murah. Warung-warung jenis ini biasanya banyak terdapat di kawasan dekat tempat tempat anak asrama di sekitar Tel-U.

Di warung-warung sederhana ini, kamu biasanya akan dengan mudah mendapatkan makanan yang akan mengenyangkan namun tetap dalam harga yang murah. Menu yang ditawarkan juga beraneka ragam bergantung dengan jenis warung tersebut. Dari warung mie ayam yang sederhana, warung nasi padang, warung tegal atau warung burjo yang dapat dipilih untuk mengenyangkan perut terutama di hari hari akhir bulan ketika uang bulanan biasanya sudah hampir habis.

2. Memasak Nasi Sendiri

Alternatif lainnya, agar makan menjadi lebih murah adalah dengan hanya membeli lauk saja dari warung dan memasak nasi sendiri di asrama. Hal ini akan dapat menghemat uang yang cukup signifikan. Memasak nasi tentunya sangat mudah hanya perlu menggunakan rice cooker dan dengan membeli lauk saja yang murah tentunya akan membuat pengeluaran biaya makan menjadi lebih hemat. Harga nasi yang dijual di warung pastinya lebih mahal dibandingkan dengan harga nasi apabila memasak sendiri di asrama.

3. Sedia Mie Instan

Mie instan memang kurang baik dimakan secara terus menerus, tetapi disaat akhir bulan bisa menjadi salah satu makanan alternatif. Kamu bisa membeli mie instan jika memang kantong lagi kering dan uang bulanan belum di kirim tapi ingat hanya untuk terdesak saja.

4. Sebisa Mungkin sekali seminggu mengambil uang dari ATM

Kamu harus sebisanya menjatah untuk mengambil uang dari ATM tersebut secara berkala, minimal sekali seminggu. Kemudian, ambil uang yang kamu butuhkan via ATM dan simpanlah kartu ATM-mu sampai minggu yang akan datang. Penting bagi anak kos untuk memegang uang cash,  tujuannya agar kamu tahu berapa banyak pengeluaran yang sudah kamu lakukan dan berapa uang sisa yang masih bisa kamu belanjakan.

5. Sebisa Mungkin Hindari Ke Minimarket Jika Tidak Ada Sesuatu yang penting Harus Dibeli

Kamu harus bisa mengontrol diri untuk membeli barang-barang yang ada di minimarket. Belilah barang-barang yang hanya kamu butuhkan, dan jangan tergiur dengan barang-barang lain yang kurang penting. Maka dari itu, tabahkan hati dan kuatkan niat untuk tidak masuk ke minimarket jika memang tidak ada yang harus dibeli.

Punya tips atau trick yang lebih manjur daripada hal-hal di atas? Yuk, tuliskan di kolom komentar! (KMA)

Sumber Gambar : google
Refrensi : hipwee.com

Keyword(s) : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *