28 Oktober, Hari Sumpah Pemuda

Oleh : Fahrizal Eka Rahmadhani
MBTI/2012

Tepat 86 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia berkumpul dan mengikrarkan satu janji, yang sampai sekarang kita kenal dengan Sumpah Pemuda.

sumpah pemuda

Bagaimana bisa sampai terjadi peristiwa sumpah pemuda ini? Siapakah yang terlibat didalamnya?

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi (Kongres Pemuda II Indonesia) yang sampai sekarang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Pada rapat pertama, pada tanggal 27 Oktober1928, Muhammad Yamin, yang saat itu hadir dalam rapat menjabarkan jika ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis

Lalu pada rapat terakhir, Sunario menjelaskan bahwa nasionalisme dan demokrasi tidak kalah pentingnya dengan gerakan kepaduan. Sedangkan Ramelan berpendapat jika gerakan kepaduan tidak dapat dipisahkan dari pergerakan nasional.

Dari ketiga rapat tersebut menghasilkan isi dari Sumpah Pemuda :

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Semoga semangat Sumpah Pemuda masih bisa berkobar di pemuda pemudi Indonesia sampai saat ini. Hidup Pemuda Indonesia !!!!!

(fer)

Keyword(s) :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *