Kamu Katolik? Yuk Bergabung dengan KMK St. Agustinus!

Bandung, Students Tel-U — Dalam mencapai suatu keberhasilan perlu yang namanya proses. Proses sangat diperlukan ketika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Sama halnya dengan proses terbentuknya suatu Keluarga Mahasiswa Katolik di Universitas Telkom. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) di lingkungan Universitas Telkom bisa berdiri sampai sekarang karena adanya penggabungan beberapa organisasi mahasiswa Katolik di Universitas Telkom.

Pembentukan Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Telkom atau dikenal dengan KMK Tel-U bermula dari KMK STT Telkom. KMK STT Telkom memiliki kerinduan untuk menyatukan seluruh mahasiswa Katolik yang kuliah di Telkom. Seiring berjalannya waktu, salah satu anggota KMK STT memutuskan untuk pindah jurusan ke Institut Manajemen (STMB). Saat itu, di IM belum ada wadah untuk menampung kegiatan kerohanian, khususnya untuk mahasiswa yang beragama Katolik. Oleh sebab itu, anggota yang baru pindah jurusan ke IM inilah yang menjadi pelopor KMK IM, lalu disusul dengan terbentuknya KMK POLTEK dan KMK STISI di lingkungan Telkom.

KMK STT belum sempat mewujudkan niatnya untuk menggabungkan seluruh mahasiswa Katolik dari semua perguruan tinggi swasta di Telkom sampai terbentuknya Universitas Telkom di tahun 2014. Universitas Telkom terbentuk dari gabungan 4 perguruan tinggi swasta, yaitu STT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom. Keadaan KMK yang masih terpecah menimbulkan rasa kerinduan yang semakin mendalam untuk saling mengenal mahasiswa-mahasiswa di perguruan tinggi swasta Telkom lainnya yang memiliki latar belakang beragama Katolik.

Akhirnya, setiap perwakilan ketua dari masing-masing perguruan tinggi swasta Telkom sepakat untuk membentuk KMK. Perwakilan ketua dari masing-masing institut tersebut adalah:

  • Nikolaus Aloysius (Ketua KMK St. Thomas Aquinas, KMK IM Telkom),
  • Emmanuel Raditya (Ketua KMK St. Aloysius, KMK IT Telkom),
  • Heriadi Sihotang (Ketua KMK St. Flavianus, KMK Poltek), namun saat itu yang hadir adalah Januari Nababan (Wakil Ketua KMK St. Flavianus KMK Poltek),
  • Yosepha Nita Dwi Mulyanni (Perwakilan dari STISI)

Logo KMK St. Agustinus Telkom University

 

Mereka memutuskan memberi nama KMK Universitas Telkom dengan KMK St. Agustinus Universitas Telkom. Landasan nama KMK St. Agustinus sendiri berpedoman pada kisah hidup St. Agustinus dari Canterbury. Kisah hidup St. Agustinus dianggap relevan dengan pembentukan sejarah KMK (masa kelam – pencerahan – bertobat – rindu Tuhan) dan hasil akhir dari kesepakatan tersebut menetapkan terpilihnya Nikolaus Aloysius sebagai Ketua KMK St. Agustinus Universitas Telkom pertama dengan Emmanuel Raditya sebagai Wakil Ketua.

Keyword(s) : , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *